food blogger indonesia

Food Photography Workshop untuk Bisnis F&B UMKM

Senang sekali karena kemarin saya berkesempatan untuk bertemu dengan teman-teman pemilik bisnis UKM dari Bekasi Cyber Park. Disana kita belajar bersama bagaimana menghasilkan foto yang menarik hanya dengan menggunakan Smartphone dalam Food Photography Workshop yang dilanjutkan dengan praktek.

Di era digital sekarang ini, perkembangan kamera smartphone selalu meningkat sehingga foto yang dihasilkan sudah sangat baik dibandingkan dahulu. Zaman sekarang minat masyarakat terhadap photography pun sangat meningkat. Terbukti dari banyaknya postingan foto makanan masyarakat di social media yang mengabadikan makanannya sebelum di santap.

Food Photography Workshop
food photographer jakarta

Senang rasanya ketika saya dipercaya untuk menjadi salah satu pengisi acara di event ini bersama orang-orang hebat lainnya. Saya bukanlah sang ahli dalam Food Photography, namun saya adalah satu dari sekian banyak orang yang suka memotret khususnya makanan. Dan menurut saya memfoto makanan dengan kamera smartphone sudah menjadi kebiasaan banyak orang sekarang ini.

belajar foto makanan

Dan pada kesempatan kali ini, saya juga mau berbagi cerita kepada kalian semua tentang Food Photography with Smartphone di acara kemarin. Yuk simak terus!

videographer jakarta

Sebelum kita memfoto makanan alangkah baiknya kita harus tahu terlebih dahulu makanan apa yang akan kita foto dan bagaimana bentuknya. Disitu kita bisa mengetahui bagaimana angle yang akan kita pilih dan properti apa saja yang kita butuhkan untuk menambah nilai estetika.

Best Angle

Memfoto makanan itu hanya membutuhkan 3 angle foto yaitu Eye level, 45 Degree dan Top angle. Nah angle-angle tersebut kita butuhkan berdasarkan makanan apa yang akan kita foto.

food photography jakarta
Rule of Third

Rule of third biasanya menggunakan 2 garis tegak lurus yang membagi 9 bagian di layar kamera, pertemuan dari garis-garis tersebut menciptakan 4 titik di tengah layar. Untuk objek tertentu bisa diposisikan pada salah satu titik tersebut dan akan menciptakan kompoisisi foto yang lebih menarik,  teknik ini biasa digunakan dalam photography secara umum maupun food photography.

food blogger indonesia
Timing/ Lighting

Dalam membuat foto makanan atau minuman pencahayaan/lighting terbaik yaitu pencahayaan yang berasal dari matahari atau cahaya natural. Pencahayaan alami dari matahari sangat berpengaruh dari waktu atau timing sehingga hasil fotonya dapat berbeda-beda, dalam membuat foto makanan atau minuman biasanya dilakukan dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore untuk menghasilkan foto dengan cahaya yang baik.

food blogger jakarta
workshop food photography
Food Styling

Dalam memfoto makanan, kita juga haras concern dengan styling dan elemen yang terdapat pada menu-menu yang akan kita foto. Peletakan lauk atau side dish juga harus kita pastikan ditaruh dengan tepat agar saat kita memfoto kita dapat mengetahui wajah dari makanan tersebut.

belajar fotografi jakarta

Jadi, kurang lebih seperti itulah hal-hal yang saya bagikan pada acara kemarin. Pada intinya memfoto dengan kamera DSLR, mirrorless ataupun Smartphone kurang lebih tidak jauh berbeda. 

Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya 🙂

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.