9 Kuliner Kalimantan Di Signatures Restaurant Hotel Kempinski Jakarta

Indonesia itu kaya banget, ada 17.000 lebih pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dari semua pulau-pulau tersebut masing-masing memiliki keunikan geografis, budaya, adat dan bahasa dan tentu saja makanannya. Hotel Indonesia Kempinski Jakarta ingin membagi kekayaan cita rasa Indonesia bagi pengunjungnya. Dari sinilah Signatures Restaurant hadir untuk mewujudkannya.

Selamat datang di Signatures Restaurant Hotel Kempinski Jakarta.

Dari lobby Hotel Kempinski kita bisa langsung masuk ke Signatures Restaurant melalui lorong ini.
“Whilst Indonesia is celebrated for its unparalleled tourism opportunities and its warm hospitality, we must not forget that the country is made up of thousands of islands, each with its own unique culture,” ujar Alex Pichel selaku General Manager.
“These islands also carry with them unique and celebrated culinary traditions, often influenced by the spices and other ingredients only found on those islands. This means each islands has a very distinctive cuisine, and it is this that we are celebrating,” tambah beliau.
Sobat jajan bisa reservasi dulu di sini, akan ada resepsionis yang siap membantu kamu dengan sigap.
Di bulan Agustus-September 2015 Hotel Indonesia Kempinski mengadakan Event “Spice Journey” di Signatures Restaurant yang akan membawa kita berpetualang lewat masakan Indonesia yang terbagi menjadi 5 Pulau dalam 5 Minggu (5 Islands in 5 Weeks) sebagai berikut:
Sumatra : 5-11 Agustus
Jawa : 12-18 Agustus
Bali-Lombok : 19-25 Agustus
Kalimantan : 26 Agustus – 1 September
Sulawesi-Maluku : 2-8 September
Acara ini merupakan rangkaian perayaan HUT Repubik Indonesia yang ke-70 dan Ulang Tahun Hotel Indonesia yang ke-53.
Salah satu sudut di dalam restoran, begitu rapih dan apik.
Suasana di area outdoor.
Kali ini saya ingin berpetualang di Pulau Kalimantan karena saya belum pernah mencoba hidangan dari pulau ini. Hidangan Kalimantan di Signatures Restaurant dikreasikan oleh Chef Meliana Christanty. Beruntung saya bisa berbincang-bincang dengan Chef Meliana mengenai hidangan Kalimantan yang telah dibuatnya. Saya akan mengajak sobat jajan untuk berpetualang ke Pulau Kalimantan dengan mencoba masakannya di Signatures Restaurant, yuk ikuti ulasan berikut ini.

1. LAWA GAMAI
Dimulai dari starter saya mencoba menu yang tak biasa yaitu “Lawa Gamai”. Seperti yang kita ketahui biasanya rumput laut merupakan bahan utama dalam campuran minuman ataupun dessert, namun tidak demikian pada hidangan ini. Lawa Gamai adalah salad khas Kalimantan yang bahan utamanya adalah rumput laut dan udang.

Hidangan pembuka yang  menarik untuk dicoba.

Tekstur rumput laut yang renyah berpadu dengan udang manis yang lembut di mulut membuat hidangan ini patut untuk dicoba. Perpaduan rumput laut dan bumbunya menciptakan rasa yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Sungguh pengalaman luar biasa bisa mencoba makanan unik ini.

Lawa Gamai adalah hidangan yang berasal dari Kalimantan bagian utara.

2. ACAR KUNING

Starter yang berikutnya adalah “Acar Kuning” yang merupakan gabungan sayuran dan potongan ayam dengan bumbu kuning. Tampilannya yang penuh warna sangat tepat dijadikan sebagai hidangan pembuka.

Selain starter, Acar Kuning ini juga bisa dijadikan sebagai condiment pada hidangan sobat jajan. Rasanya cukup pedas dengan bumbu kuning yang sudah familiar di lidah kita.

Acar Kuning dari Pontianak Kalimantan Barat.

3. SOTO MANGGALA

Masuk kedalam makanan berkuah saya menemukan makanan unik lainnya yaitu “Soto Manggala”. Mengapa makanan ini saya bilang unik karena salah satu bahannya menggunakan singkong. Ya, dalam bahasa Kalaimantan “manggala” berarti singkong dan di soto ini potongan singkong berpadu dengan campuran soto seperti yang sering kita temui di soto pada umumnya.
Bagaimana dengan rasanya? Ternyata enak banget! Kuahnya bening dan segar terasa sekali rempah dan kaldunya. Singkongnya empuk banget dan serasi sekali berpadu dengan potongan ayamnya.
Langsung terbesit dipikiran saya bagaimana makanan ini bisa diciptakan, tapi bagaimanapun itu saya ingin bilang kalau Soto Manggala ini adalah makanan yang unik sekaligus enak.
Semangkuk Soto Manggala .

4. SATE AYAM MELAYU

Satu lagi hidangan yang belum pernah saya temui yaitu Sate Ayam Melayu yang disajikan bersama dengan kuah. Sungguh kekayaan kuliner yang luar biasa dari Pulau Kalimantan.
Sate ayam disajikan bersama lontong dan kuah kaldu.
Semangkuk Sate Ayam Melayu.

Tak dapat dipungkiri kelezatan dari rasanya, sate ayam ini terasa manis di mulut dengan tingkat kematangan ayam yang dibakar dengan baik. Kuahnya sendiri terasa nikmat dilengkapi dengan lontong sebagai pelengkap yang sempurna.

Sate Ayam Melayu dari Kalimantan Barat.
Disela-sela waktu kita makan kemudian ada yang menarik dari Signatures Restuarant, yaitu pengunjung disuguhkan dengan tarian tradisional khas Kalimantan. Tarian itu digelar saat pengunjung tengah asik menyantap hidangan. Dentuman gong ditengah-tengah musik yang mengiringinya seketika membawa seluruh ruangan terbawa ke Pulau Kalimantan.
Tarian Adat Kalimantan.

5. TENGGIRI ASAM PEDAS DENGAN TERUNG ASAM RIMBANG

Melanjutkan petualangan rasa di Signatures Restaurant belum lengkap rasanya jika tidak mencoba menu ikannya. Yang saya coba berikut adalah “Tenggiri Asam Pedas”.

Tenggiri Asam Pedas dari Kalimantan Barat.
Tingkat pedasnya masih bersahabat dan bisa dibilang ini “pedas nikmat”, untuk rasa asamnya segar banget dan pas kalau dimakan bersama nasi hangat.
Selain ikan tenggiri, nanas dan terung adalah bahan utama yang ada di hidangan ini.

6. PACRI NANAS

Masih terkagum-kagum dengan keunikan hidangan yang sudah saya coba di atas kemudian saya menemukan satu lagi hidangan unik lainnya di sini. Bagaimana tidak unik jika nanas segar masuk ke dalam mangkuk dan berbaur bersama bumbu masakan? Ya ini adalah “Pacri Nanas” sebuah hidangan berbahan dasar nanas segar yang berasal dari Kalimantan.
Pacri Nanas ini segar dan unik banget rasanya.
Ketika masuk ke dalam mulut terasa sekali rempah yang aromatik dan begitu kaya rasa bercampur dengan nanas yang sparkling membuat rasa Pacri Nanas ini terasa unik di lidah.
Pacri Nanas adalah hidangan favorit saya di Signatures Restaurant.
 
Sebenarnya bagaimana cara menikmati hidangan ini chef? “Biasa disantap dengan nasi dan lauk berprotein tinggi seperti semur sapi Melayu atau ayam kampung goreng rempah,” kata Chef Meliana. Wah menarik bukan? Jika saya kembali ke Signatures Restaurant, Pacri Nanas adalah hidangan yang pertama kali akan saya cari.
Pacri Nanas dari Kalimantan Barat.

7. IGA MASAK HABANG

Sekilas hidangan ini mirip dengan rendang namun sesungguhnya ini berbeda. Iga Masak Habang menggunakan bumbu yang berbeda dengan rendang dan rasanya pun unik.
Sebenarnya bumbu masak habang itu apa chef? “Bumbu masak habang artinya bumbu merah, menggunakan cabe habang atau cabe merah besar yang kering asalnya dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan” jelas Chef Meliana. 
Untuk iganya sendiri terasa empuk sekali dan bumbu habangnya juga terasa unik di mulut. Hidangan ini pas banget jika disantap bersama nasi hangat.
Iga Masak Habang.

8. PISANG GAMPIT

Setelah mencicipi aneka hidangan berat kini tiba saatnya untuk mencoba desserts khas Kalimantan. Yang saya coba ini namanya Pisang Gampit, berbahan dasar pisang bakar yang dihidangkan bersama saus durian yang lezat turut tampil memukau di Signatures Restaurant.
Saus duriannya ini juara banget rasanya.

Rasa saus duriannya tidak terlalu manis dan berpadu sempurna dengan pisang bakarnya. Ini adalah desserts yang belum pernah saya temui sebelumnya dan saya beruntung bisa mencobanya di Signatures Restaurant.

Pisang Gampit dari Kalimantan Timur.

9. BUBUR GUNTING SINGKAWANG

Satu lagi dessert yang merupakan khas Kalimantan yaitu Bubur Gunting Singkawang. Berbahan dasar kacang hijau yang telah dikupas dan dimakan bersama cakwe yang digunting menjadi potongan kecil.
Kacang hijaunya sudah dikupas terlebih dahulu sehingga menciptakan warna yang cerah pada bubur ini.

Chef sebenarnya bubur gunting ini berasal dari mana? “Bubur gunting Singkawang dari Singkawang Kalimantan Barat, merupakan dessert peranakan Tiongkok. Di Pontianak hidangan yang sama, disebut lek tau suan. Kedekatan geografis yang membuat makanan yang sama di kedua daerah tersebut,” kata Chef Meliana menerangkan. 

Bubur Gunting Singkawang dari Kalimantan Barat.

Rasa kacang hijaunya lembut dengan kuah yang tingkat kemanisannya pas. Ditambah dengan tekstur cakwe yang lembut karena terendam dalam kuah bubur ini. Bubur gunting pas banget jadi hidangan penutup saya kali ini.

Nah sobat jajan itu tadi hidangan yang saya cicipi di Signatures Restaurant. Kesimpulan untuk hidangan Kalimantan buat saya semuanya “unik” dilihat dari pemilihan bahan dasar, bumbu dan penyajiannya, dan hampir semuanya belum pernah saya temui di Jakarta. Dari semua yang saya coba saya paling suka sekali dengan Soto Manggala, Pacri Nanas dan Bubur Gunting.

Ohya chef pertanyaan terakhir, jika dideskripsikan dengan satu kata Kalimantan itu seperti apa dinilai dari menunya? Seperti Sumatra-pedas, Jawa-manis. “Tidak ada satu kata yang bisa menggambarkan karena pulau Kalimantan adalah pulau terbesar, dengan jumlah penduduk yang banyak dan sangat berbeda cita rasa masing-masing kulinernya.” Jawab Chef Meliana.

Lawa Gamai, Sate Ayam Melayu dan Acar Kuning.
Pacri Nanas dan Tenggiri Asam Pedas.

Nah sobat jajan demikainlah petualangan rasa kali ini di Pulau Kalimantan di Hotel Kempinski Jakarta. Sampai ketemu lagi di petualangan rasa selanjutnya.

Datang dan nikmatilah masakan Indonesia di Signatures Restaurant Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.
Follow Jajan Beken untuk info paling update

INSTAGRAM | TWITTER | GOOGLE+

______________________________________________________

RATING
Ambience : Good
Taste : Good
Service : Excellent
 
FACILITIES
Wifi : Yes
Plug : Yes
Dine in : Yes
Outdoor : Yes
Toilet : Yes
Mushola : Yes
 
CONTACT
Address : Jl. MH. Thamrin No.1, Jakarta Pusat 10310
Phone : 021-23583800
Instagram : @kempinskijkt
Twitter : @kempinskijkt
Facebook : KempinskiJKT
INFORMATION
Open hour : 6 AM – 22 PM
Price : 
Weekday lunch (Rp. 265K++/pax)
Weekend brunch (Rp. 360K++/pax)
All Week dinner (Rp. 285++/pax)
Payment method : Cash, Debit, Visa
MAP

Signatures Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

10 pemikiran pada “9 Kuliner Kalimantan Di Signatures Restaurant Hotel Kempinski Jakarta

Tinggalkan Balasan