Jajanbeken Bakso terenak di jakarta

7 Rekomendasi Bakso Terenak di Jakarta Yang Terkenal

Bicara soal kuliner di Jakarta pasti nggak ada habisnya apalagi kuliner kaki lima Jakarta yang bahasa bekennya adalah street food. Kalau biasanya saya ngeshare cafe dan resto yang lagi hitz di Jakarta, kali ini saya mau berbagi pengalaman menjelajahi 7 Rekomendasi Bakso Terenak di Jakarta yang Terkenal  dan harus kamu nikmati kelezatannya.

Bakso itu bisa dibilang rajanya jajanan kaki lima di Indonesia yang rasanya paling pecah dan tidak ada duanya. Kenyal, gurihnya bakso dan nikmatnya kuah bakso pasti mampu melelehkan hati dan bikin ketagihan siapapun termasuk saya dan mungkin kamu.

Bakso terenak memang selalu jadi kuliner favorit warga Indonesia. Tak heran kalau inovasi olahan bakso pasti hadir untuk jadi pilihan kamu. Pada saat ini kita sering dihebohkan dengan kehadiran kuliner bakso yang penyajiannya terbilang cukup unik. Mulai dari ukurannya, isiannya, hingga penyajiannya yang tak biasa.

7 Bakso Terenak di Jakarta

Nah, buat kamu yang ngaku pencinta makanan bola-bola daging alias bakso, kamu wajib datang dan coba langsung kelezatan bakso dengan cita rasa yang berbeda dari kebanyakan bakso yang ada di Jakarta ini. Penasaran? Yuk kita simak!

 
1. Bakso Solo Samrat Kelapa Gading, Jakarta Utara

Siapa sih yang gak kenal sama Bakso Solo Samrat ini. Bakso terenak ini mempunyai beberapa cabang di Jakarta yang semuanya dipadati oleh banyak pengunjung. Oh ya, Bakso ini berasal dari kota Makassar yang berada di jalan Sam Ratulangi, untuk jenisnya bakso ini termasuk kedalam tipe Bakso Solo. Nah, jadi tau kan kenapa nama Bakso Hits Jakarta ini diberi nama Bakso Solo Samrat.

Saya sering mencoba Bakso Solo Samrat ini yang berada di Kelapa Gading. lokasinya berada di jalan Boulevard Raya Kelapa Gading yang sangat memudahkan kita untuk menemukan tempat bakso terenak ini ketika kita berada di Kelapa Gading.

jajanbeken bakso populer di jakarta bakso solo samrat 2

jajanbeken bakso populer di jakarta bakso solo samrat 1

Kenapa saya sangat menyukai bakso ini? Karena menurut saya bakso enak yang disajikan oleh Bakso Solo Samrat ini berbeda dari yang lainnya. Mereka mempunyai bakso terenak dengan kuah kaldu yang sangat kental sehingga ketika menyeruputnya kamu akan mendapatkan rasa enak yang sangat hakiki. Selain itu tekstur baksonya cukup padat namun tetap empuk. Untuk konsistensi rasa Bakso Solo Samrat ini memang juaranya, karena kapanpun saya datang kemari pasti rasanya tetap sama alias endeeeus!

Untuk harga menu, saya biasanya memesan menu bakso tenis dengan harga IDR 32K. Ingin nasi putih? Tentu saja ada, karena Bakso Solo Samrat ini menyajikan aneka topping seperti nasi putih, pangsit dan tetelan hingga rusuk yang memang populer juga disini.

jajanbeken tempat makan bakso di jakarta bakso solo samrat 2

jajanbeken tempat makan bakso di jakarta bakso solo samrat 1

INFORMATION
Open hour : 11 AM – 23 PM
Price : Rp100.000 for two people (approx.)
CONTACT
Address : Jl. Boulevard Raya Blok WAB 2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Phone : (021) 4530586
Instagram : @baksosolosamrat

 

2. Bakso Mercon Pak Roso Salemba, Jakarta Pusat

Nah, kalau kamu follow akun Instagram Jajanbeken @jajanbeken pastinya kamu telah melihat postingan bakso dari Bakso Pak Roso Salemba ini. Yap bener banget, likenya lebih dari 3000 dan impressionnya mencapai 100K. Ini membuktikan bahwa semua orang memang suka dengan kuliner bakso, oke sip nanti Jajanbeken bakal update lebih banyak lagi tentang bakso terenak ya hehe.

Bakso Mercon Pak Roso Salemba ini berlokasi di Jalan Murthado persis di seberang pasar pramuka. Posisinya berada disebelah kali kecil yang mana di apit oleh dua jalan. Bakso Mercon Pak Roso ini selalu dipadati oleh para pecinta bakso pastinya. Jadi kalau kamu mencari alamat tempat bakso terenak ini sangat mudah, lihat saja di jalan Murthado rumah yang dipadati orang sampai keluar.

jajanbeken tempat kuliner bakso di jakarta bakso mercon pak roso salemba 1

jajanbeken bakso enak di jakarta bakso mercon pak roso salemba 1

Untuk menu bakso terenak disini banyak banget loh yang unik-unik seperti bakso beranak, bakso mercon dan ada bakso strawberi juga. Tapi disini saya hanya order menu yang paling favorit yaitu bakso mercon. Kalau kamu menyukai pedas cocok banget nih buat pesan  menu ini. Pada bagian bakso mercon ini terdapat gumpalan irisan daging dengan sambal yang melimpah.

Nah seperti inilah penampakan Bakso Mercon Pak Roso menarik banget kan buat dicoba.

 

jajanbeken bakso populer di jakarta pusat bakso mercon pak roso salemba 1

INFORMATION
Open hour : 09.00 – s.d
Price : Rp50.000 for two people (approx.)
CONTACT
Address : Jl. Murtado 16 No. 499, Senen, Jakarta Pusat.
Phone : N/A
Instagram : @baksopakderoso
3. Mie Ayam Bakso Yunus Tebet, Jakarta Selatan

Sekarang kita menuju ke bakso enak Jakarta Selatan yuk, katanya ya anak gaul Jekardah itu paling banyak di selatan. Hmm terbukti dengan banyaknya kuliner Jakarta Selatan yang memang gak ada habisnya. Sama seperti yang aku temukan nih Mie Ayam Bakso Yunus Tebet. Konon katanya, tempat makan Bakso Yunus Tebet ini sudah buka dari puluhan tahun yang lalu loh dan sangat legendaris.

Mie ayam Bakso Yunus yang terletak di samping pasar Tebet Barat memang terlihat biasa saja kalau kita lihat dari tempatnya. Namun kalau kamu sudah mencoba beberapa menu disini hmm dijamin deh kamu bakal jadi pelanggan setia juga sama seperti akoeh.

jajanbeken bakso terenak di jakarta mie ayam bakso tebet 1

jajanbeken bakso terenak di jakarta mie ayam bakso tebet 2

Kalau kita bicara soal rasa, ternyata tekstur bakso terenak disini memang juara banget deh. Empuk dan rasa daging sapi aslinya terasa banget. Begitu pula dengan tekstur mienya yang beda dari mie ayam di pasaran, mie-nya kenyal dan harum seperti buatan rumahan, kuahnya gurih dan segar dan ditambah topping di atasnya dengan seabrek ayam cincang dan jamur dengan rasa manis yang pas.

jajanbeken bakso terenak di jakarta mie ayam bakso tebet 3

INFORMATION
Open hour : 09.00 – 20.00
Price : Rp50.000 for two people (approx.)
CONTACT
Address :Jalan Tebet Barat Dalam VIII D, Tebet Barat, Tebet, RT.2/RW.5, Tebet Bar., Tebet, Kota Jakarta Selatan.
Phone :  (021) 70945363
Instagram : N/A
4. Bakso Mas Kumis Djarum Slipi, Jakarta Barat

Bagaimana dengan kuliner bakso terpopuler Jakarta Barat? Kalau Jajanbeken pasti tidak akan lupa untuk mampir ke Bakso Mas Kumis Djarum ini. Dikenal dengan nama bekennya Bakso Djarum membuat siapa pun yang mendengarnya bertanya-tanya, kenapa di beri nama Djarum? Apakah terdapat Djarum dalam baksonya (koplak)? Jadi Lokasi dari tempat bakso ini berada di area perkantoran Djarum dan Kumis didapatkan dari ciri sang pemilik yang mana berkumis lebat sehingga menjadikan itu sebagai nama khas dari nama tempat untuk bakso ini.

Saya datang kesini pada saat jam makan siang di hari sabtu. Untuk mendapatkan tempat parkir memang cukup sulit, saya mendapatkan parkir yang lumayan jauh dari tempat bakso ini. Yap bener banget, bakso Djarum ini sangat dipadati sekali para pengunjung sehingga jika kita ingin mendapatkan meja kita harus mengantri terlebih dahulu dan menunggu sampai pengunjung lain telah selesai makan.

jajanbeken tempat makan bakso di jakarta bakso mas kumis djarum petamburan 1

Bakso-nya sangat enak. Dagingnya padat dengan tekstur yang sangat tebal, dan memiliki porsi yang pas antara daging dan tepung sehingga baksonya tidak alot. Dan menurut ku ini ciri-ciri bakso terenak dengan proses pengolahan dan penggilingan daging yang baik. Padat tapi empuk.

Kuahnya pun kaya akan kaldu, dengan kadar minyak yang tepat. Kuah tidak mengandalkan kaldu dari gajih saja, tapi juga dari rebusan daging dan tulang sapi, yang membuat rasa kaldu lebih tajam, tidak berminyak, dan tidak membuat eneg sama sekali.

jajanbeken bakso populer di jakarta mie ayam bakso tebet 2

jajanbeken bakso terenak di jakarta bakso mas kumis djarum slipi 1

jajanbeken bakso terenak di jakarta barat bakso mas kumis djarum slipi 1

Bakso yang berdiri sejak tahun 1972 ini sangat mampu untuk menjamu para tamunya. Terbukti ketika mereka mengantarkan pesanan ku dalam kurun waktu kurang dari 10 menit. Walaupun ramai tempat bakso ini tetap terjaga kebersihannya sehingga membuat nyaman para pengunjung.

Disini Bakso Djarum tidak memiliki jenis bakso lain. Mereka hanya menyediakan bihun dan mie kuning tidak ada pilihan tahu, dan yang lainnya tapi terdapat tetelan yang enak. Nah, yang istimewa dari Bakso Kumis Djarum ini adalah tetelannya. Beda dengan di tempat-tempat lain yang sering menyertakan tetelan berupa lemak atau gajih sapi yang berlemak, di sini tetelannya masih berbentuk daging yang rasanya enak bangeeet.

jajanbeken bakso populer di jakarta barat bakso mas kumis djarum petamburan 1
jajanbeken bakso terenak di jakarta barat bakso mas kumis djarum petamburan 1

INFORMATION
Open hour : 09.00 – 19.00
Price : Rp60.000 for two people (approx.)
CONTACT
Address : Jalan Aipda Ks. Tubun Raya, RT.7/RW.2, Slipi, Palmerah, RT.7/RW.2, Slipi, Jakarta Barat.
Phone :   (021) 53678441
Instagram : N/A
5. Bakso Akiaw 99 Mangga Besar, Jakarta Barat

Satu lagi kuliner bakso terenak Jakarta Barat, tepatnya di Magga Besar yaitu Bakso Akiaw 99. Mengetahui Bakso Akiaw 99 ini dari teman saya yang berprofesi sebagai chef. Jika dia telah merekomendasikan suatu tempat makan pastinya tempat makan tersebut tidak pernah membuat saya kecewa atau tidak puas. Awalnya agak ragu ketika mengetahui tempat ini. Karena yang saya ketahui kebanyakan bakso di Mangga Besar biasanya non halal.

Namun karena teman saya menekankan ini Bakso Halal saya pun bertanya kepada salah satu pekerja di tempat makan ini dan beliau pun mengatakan ini halal. No pork and No lard. Dan ketika cukup lama berada disni banyak juga ternyata wanita berhijab yang datang dan menikmati bakso disini.

jajanbeken kuliner bakso jakarta barat bakso akiaw 99

jajanbeken tempat makan bakso di jakarta barat bakso akiaw mangga besar 2

jajanbeken bakso hits di jakarta barat bakso akiaw 99 halal mangga besar

Bakso yang ditawarkan juga beragam, ada bakso sapi, bakso urat, dan bagi kamu yang tidak makan daging sapi dapat memilih bakso ikan. Di antara menu yang ditawarkan, menu utama yang paling banyak dipesan adalah bakso, bakmi, kwe tiaw dan bihun.

Bakso Akiaw dilengkapi irisan daging sapi tetelan, dipadu dengan mie, bihun dan bumbu pelengkap lainnya. Tekstur baksonya empuk, tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu lunak. Rasa baksonya gurih dan ada citarasa manis pada daging baksonya. Selain itu irisan daging yang disajikan bersama Bakso Akiaw 99 ini benar-benar lezat, rasanya manis dan bikin ketagihan menyantapnya.

Penyajiannya juga unik, mie dan bakso atau irisan daging sapinya disajikan dalam mangkuk berbeda. Satu mangkuk untuk bakso dan irisan daging sapi dengan kuah kaldu yang khas. Satu mangkuk lagi untuk mie yang sudah ditaburi irisan daun bawang dan bawang goreng. Jangan lupa untuk menambahkan sambal khas Medan yang pedasnya lumayan membuat berkeringat. Lebih baik tuang sambal pada mie-nya, jangan pada kuah baksonya, agar cita rasa kaldunya benar-benar terasa khas.

jajanbeken bakso terenak di jakarta barat bakso akiaw hayam wuruk

jajanbeken kuliner bakso jakarta barat bakso akiaw mangga besar 2

jajanbeken kuliner bakso jakarta barat bakso akiaw halal mangga besar 1

INFORMATION
Open hour : 15.00 – 23.30
Price : Rp150.000 for two people (approx.)
CONTACT
Address : Jalan Mangga Besar Raya No. 2B, Kec. Tamansari, RT.10/RW.9, Maphar, Tamansari, Kota Jakarta Barat.
Phone :  (021) 6291419
Instagram : @baksoakiaw99
6. Bakso Kocok Bandung Rawamangun, Jakarta Timur

Sekarang kita cobain bakso terenak di Jakarta Timur yuk. Ada apasih disini? Ternyata di Jakarta Timur tepatnya di Rawamngun terdapat bakso yang enak banget loh, namanya Bakso Kocok Rawamangun. Lokasinya tidak jauh dari terminal Rawamangun, tepatnya di persimpangan lampu merah dekat dengan Bakmi Tasik Rawamangun. Untuk tempatnya memang bakso ini hanya menawarkan sebuah tenda biasa.

Kalau kamu makan Bakso Kocok di tempat, kamu akan dipandu oleh penjual untuk makan di tenda warung es buah yang berada tepat di sebalah tenda Bakso Kocok Bandung Rawamangun ini.

jajanbeken kuliner bakso terenak di jakarta timur bakso kocok bandung rawamangun

Daging bakso disajikan dengan tekstur yang empuk. Dan kaldu kuah yang diberikan pun sangat enak menambah selera makan kita bertambah ketika menyeruput kuah dari bakso ini. Untuk toping disajikan juga mie kuning, bihun dan tauge. Dan disinilah saya mendapatkan arti yang sesunggah dari pribahasa “Jangan melihat buku hanya dari sampulnya”, kenapa? Karena meskipun di warung tenda, kita tetap bisa menikmati kelezatan bakso yang tiada duanya!

jajanbeken tempat makan bakso di jakarta timur bakso kocok rawamangun jalan paus

INFORMATION
Open hour : 10.00 – 21.00
Price : Rp50.000 for two people (approx.)
CONTACT
Address : Jl. Paus No.13, RT.1/RW.8, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.
Phone :   0812-8584-884
Instagram : N/A

 

 

 

7. Bakso Daging Sapi Bang Eric Matraman, Jakarta Timur

Yang terakhir masih dari kuliner bakso Jakarta Timur terdapat bakso enak lainnya yaitu Bakso Bang Eric. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Bakso pak Roso yang sudah kita bahas di awal, atau lebih gampangnya Bakso Bang Eric Matraman ini satu deret dengan Gramedia Matraman dan tidak begitu jauh dari sana. Bakso Bang Eric Matraman juga menjadi salah satu Bakso Hits Jakarta juga loh. Terbukti ketika saya datang kesini pada pukul 14.00 hari minggu banyak pengunjung memadati tempat duduk di Bakso Bang Eric Matraman ini.

Pada dasarnya, bakso yang disajikan di sini juga tidak jauh berbeda dari tempat bakso lainnya. Dibuat dari daging sapi pilihan, Bakso Bang Eric menyediakan beragam jenis bakso termasuk bakso urat, bakso telur, dan bakso halus. Bakso telurnya berisi satu bulatan penuh telur yang dilapisi daging bakso yang tebal, sedangkan bakso uratnya memiliki tekstur daging yang halus, kenyal dan enak.

jajanbeken tempat makan bakso di jakarta pusat bakso daging sapi bang erik gramedia matraman

jajanbeken kuliner bakso jakarta pusat bakso daging sapi bang eric matraman salemba

Namun, yang menjadikan Bakso Bang Eric Matraman berbeda dari yang lain yaitu pada proses pengolahannya. Bakso Bang Erik mengandung banyak daging sapi namun hanya terdapat sedikit lemak sehingga saat dimakan Bakso Bang Eric tidak menyisakan lemak di mulut.

jajanbeken kuliner bakso enak di jakarta pusat bakso bang eric gramedia matraman bakso erik

INFORMATION
Open hour : 08.00 – 18.30
Price : Rp75.000 for two people (approx.)
CONTACT
Address : Jalan Matraman Raya Nomor 60 Raya, Jl. Matraman I, RT.1/RW.3, Kb. Manggis, Matraman, Kota Jakarta Timur.
Phone :  0857-1805-6633
Instagram : N/A
Nah, itulah 7 Rekomendasi Bakso Terenak  di Jakarta yang Terkenal dan wajib kamu coba. Selamat mencoba yah guys! Terima Kasih telah berkunjung ke blog kami, mohon maaf bila ada kesalahan kata atau penulisan.  Sampai jumpa di petualangan berikutnya.

Tinggalkan Balasan