jajanbeken makanan khas bogor

7 Kuliner Bogor Suryakencana yang Legendaris

Salah satu incaran warga Jakarta saat berkunjung ke Kota Bogor adalah kulinernya. Kuliner Bogor terkenal akan keunikan dan rasanya membuat sulit dilupakan. Sebut saja Kuliner Bogor seperti asinan bogor, makaroni panggang, pie apple, roti unyil, brownies amanda dan bolu talas sangkuriang yang sudah terkenal akan citarasa dan kelezatannya.


Tapi tahu tidak sahabat kuliner kalau Bogor juga punya jajaran Kuliner Bogor yang legendaris. Kuliner khas Bogor ini berada di Jalan Suryakencana yang lebih dikenal sebagai Kuliner Bogor Suryakencana. Lokasi Jalan Suryakencana ini berhadapan langsung dengan Pintu Utama Kebun Raya Bogor. Karena letaknya yang dekat dengan pusat Kota Bogor menjadikan Jalan Suryakencana ini menjadi tempat yang kaya akan keragaman kulinernya.

Mengapa dikatakan legendaris karena banyak kuliner di Suryakencana Bogor sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu. Kuliner Surya Kencana Bogor ini rata-rata buka pada pagi sampai siang hari jadi akan sulit ditemukan saat malam hari. Berikut 7 Kuliner Bogor Suryakencana yang sudah kita rangkum.

1. Lumpia Basah

Dengan gerobak hijau ini lumpia basah menjadi jajanan yang paling mudah ditemukan. Lumpia basah bisa kamu temukan mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

jajanbeken asinan bogor

Kulit lumpia yang lembut dengan isian yang melimpah berisi telur dan tauge ini dapat kamu nikmati dengan merogoh kocek sebesar IDR 14K.

jajanbeken kuliner bogor suryakencana

jajanbeken kuliner suryakencana

2. Martabak Ncek Suryakencana Bogor

Nah martabak yang satu ini memang beda dari martabak biasanya kenapa? Martabak Ncek akan tetap empuk meskipun disimpan sampai besok dan tidak menjadi keras. Itulah sebabnya martabak ini selalu menjadi incaran warga Bogor saat berkunjung kesini.

jajanbeken kuliner hits bogor

Martabak Encek sudah berjualan sejak tahun 1970 an dan tetap eksis sampai saat ini. Biasanya untuk mendapatkan martabak ini kita harus mengantri panjang tapi beruntung saat kita kesana Martabak Encek baru saja buka dan kita langsung memesan.

jajanbeken kuliner khas bogor

Satu loyang martabak yang kita pesan harganya IDR 55K dengan isian keju dan kacang saja. Sementara range harga Martabak Ncek Bogor ini antara IDR 40-60K dengan isian sesuai yang kamu suka seperti kacang, keju dan coklat.

jajanbeken kulinerhits suryakencana

Pastikan kamu sudah berada di lokasi mulai dari jam 2 siang sampai jam 6 sore, tapi kalian juga bisa memesan dengan ojek online.

jajanbeken kuliner populer bogor

3. Combro dan Misro di Jalan Suryakencana

Salah satu yang wajib dicoba saat berada di Suryakencana Bogor yaitu Combronya. Rasanya yang enak dengan tekstur garing di luar dan lembut di dalam meskipun telah dingin. Nikmatnya combro di Kuliner Suryakencana membuat kita ketagihan dan bakal kembali lagi.

jajanbeken makanan khas bogor

Isi oncom di dalam combro ini manis, gurih dan tidak terlalu pedas. Satu buah combro ini dijual dengan harga IDR 5K.

jajanbeken jajanan bogor suryakencana

4. Es Pala Aming Bogor

Berikutnya ada kuliner khas Bogor yang juga patut untuk dicoba yaitu Manisan Pala Aming. Tidak hanya manisan pala saja tapi juga ada mangga dan juga sirsak.

jajanbeken jajanan hits bogor

Kita mencoba manisan pala yang dicampur dengan es dan rasanya sangat segar, manis dan sedikit asam. Satu gelas minuman es pala dijual dengan harga IDR 7K.

jajanbeken jajanan bogor

Manisan buah pala di minuman ini sudah diserut tipis sehingga memudahkan kita menikmatinya. Air dari manisan pala ini juga terasa ringan di tenggorokan jadi nikmat sekali saat diminum menggunakan sedotan.

jajanbeken kuliner bogor

5. Pepes Daniel Gang Aut Suryakencana Bogor

Siapa sangka kalau hidangan pepes hanya untuk makanan gurih saja. Di Kuliner Suryakencana kalian akan menemukan pepes yang lain dari yang lain yaitu Pepes Sagu Pisang. Pepes yang terbuat dari pisang ini manis rasanya apalagi yang varian coklat adalah yang paling laris diantara menu pepes lainnya seperti pepes oncom dan jamur.

jajanbeken martabak ncek bogor

Pepes Daniel juga sangat legendaris di Bogor karena sudah menggunakan resep keluarga sejak tahun 1948.

jajanbeken lumpia basah bogor

6. Pisang Goreng Kalimantan Ameng Khas Pontianak

Jangan lewatkan Kuliner Bogor yang satu ini, pisang goreng Pontianak. Pisang goreng ini begitu crispy namun pisangnya legit dan manis. Pastikan kamu memilih pisang goreng yang baru diangkat dari wajan karena sangat nikmat saat masih hangat.

jajanbeken bogor food

7. Bir Kotjok Bogor

Satu lagi kuliner legendaris Bogor yang ada di jalan Suryakencana namanya Bir Kotjok. Minuman ini bukanlah berasal dari bir melainkan minuman yang dibuat dari rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis. Rasa manis berasal dari gula aren, dan minuman ini cocok dinikmati baik hangat maupun dengan es. Satu kantong plastik, Bir Kotjok dijual dengan IDR 5K saja dan minuman ini telah ada sejak tahun 1965 yang dikenal dengan Bir Kotjok Abah.

jajanbeken jalan suryakencana bogor
Suasana Jalan Suryakencana saat malam hari
Kuliner Suryakencana Bogor

Kuliner Bogor Suryakencana tidak hanya tujuh buah seperti yang kita bahas di artikel ini. Ada lebih dari 30 macam kuliner di jalan Suryakencana sebut saja Asinan Jagung, Tauge Goreng, Bakso Kikil Pak Jaya, Soto Kuning Pak Yusuf, Bakso Pak Jaka, Bubur Ayam Bapak Oman, Cungkring Bapak Jumat, Laksa Bogor Gang Aut dan masih banyak lagi. Cek juga video youtube untuk Martabak Ncek Bogor disini.

Nah jika kalian bingung dimana letak persis dari kuliner-kuliner yang kita ceritakan diatas. Kalian cukup berjalan kaki saja mulai dari depan Hotel 1O1 Bogor. Tengoklah ke kanan dan ke kiri nanti akan kalian temukan aneka Kuliner Bogor di sepanjang trotoar. Ohya Jalan Surya Kencana adalah jalur satu arah untuk kendaraan jadi pastikan jangan sampai terlewat dengan kuliner-kuliner yang ada disini.

Sekarang saatnya buat kamu berburu Kuliner Bogor, sampai jumpa di petualangan berikutnya bareng Jajanbeken!

MAP

2 pemikiran pada “7 Kuliner Bogor Suryakencana yang Legendaris

  1. Halo editorial team,
    Kami dari boogie bogor dan jumpa bogor ingin tayang jg advetorial / artikel produk kami di rubrik kuliner bogor legendaris, bagaimana teknisnya? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.