ipoh travel guide melaka travel guide kl travel guide

Ipoh Travel Guide

Setelah puas berkeliling Kota Malaka akirnya kita melanjutkan perjalanan dari Malaka menuju Ipoh. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke Ipoh kurang lebih 5 jam dari Terminal Bus Melacca Sentral ke Terminal Bus Ipoh Amanjaya.

Tiket bus ini sudah kita pesan sebelum berangkat ke Malaysia di situs www.easybook.com dengan harga tiket 171.78 RM atau sebesar IDR 586.520 per orang.

jajanbeken explore ipoh
Hari Ke-1 di Ipoh

Setibanya di Terminal Bus Ipoh Amanjaya kita langsung memesan taxi online menuju hotel yang jaraknya cukup dekat dari sana. Sekarang kita lihat kondisi hotelnya seperti apa ya.

Ipoh Hotel Guide

Kita memilih M Boutique Hotel di Ipoh karena tertarik dengan interior hotelnya yang klasik-modern dengan harga kamar IDR 390.531. Karena M Boutique Hotel single bednya cukup kecil dan hanya bisa untuk satu orang akhirnya kita upgrade ke ukuran bed yang lebih besar dengan tambahan sebesar IDR 273.149. pada saat check in, jadi total budget untuk M Boutique Hotel Ipoh sebesar IDR 663.680.

jajanbeken ipoh travel guide

Kamar di dalam M Boutique Hotel tidak begitu luas tapi yang saya suka dari hotel ini di dalamnya terdapat banyak colokan USB sehingga memudahkan untuk charging handphone. Koneksi wifinya juga sudah tersedia. Sementara pilihan breakfastnya bisa memilih diantara dua restoran Western food atau Asian food.

Kuliner Ipoh

Setelah menaruh barang bawaan kami bergegas berburu kuliner disana. Tempat pertama yang kita datangi adalah Ayam Garam Aun Kheng Lim yang terletak di Jalan Theatre 24 Taman Jubilee Ipoh. Karena di tempat ini tidak ada tempat dine in akhirnya kita memilih take away 1 box ayam garam seharga 21 RM.

Kita melanjutkan lagi perjalanan berburu kuliner ke tempat lain. Ohya di Ipoh biasanya turun hujan jika menjelang petang begitu kata driver taxi online yang mengantar kita tadi. Benar saja, hujan turun saat hari mulai petang akhirnya kita mencoba sajian hangat berupa kembang tahu disana seharga 7.5 RM untuk dua porsi.

Restoran Tong Sui Kai

Saat malam harinya kita pergi ke food court di Ipoh yang menyajikan masakan chinese food. Tibalah kita di di Restoran Tong Sui Kai yang ramai sekali akan pengunjung. Di Food Court ini terdapat banyak stall makanan dengan nomor urut yang tertera di tiap-tiap stallnya. Untuk Tong Sui Kai bisa kamu temukan dengan nomor urut 28 dan mereka buka sampai jam 2 pagi.

Disini kita mencoba sotong panggang yang dipipihkan dan dimakan bersama bumbu rujak. Rasanya enak banget, gurih khas cumi bakar, dengan tekstur menyerupai juhi yang kita kenal di Jakarta.

jajanbeken ipoh malaysia
jajanbeken ipoh 2 days
Apalagi dimakan bareng bumbu rujaknya jadi tambah nikmat.
jajanbeken bet hotel ipoh
Kerupuk dengan bumbu rujak.

Kita juga penasaran ingin mencoba rujak Malaysia. Hampir sama seperti rujak di Indonesia dimana potongan buah-buahan seperti kedondong dan mangga diberi bumbu rujak namun rujak di Ipoh Malaysia diberi taburan kacang tumbuk.

jajanbeken best food ipoh

Kemudian ada dua hidangan lain yang kami pesan yaitu telur pitam dan mie. Dari empat menu yang kita pesan di restoran Tong Sui Kai total harganya sebesar 36 RM.

Tergiur akan warnanya yang meriah akhirnya kita memesan Mix Fruit yang merupakan es buah. Isinya komplit banget ada mangga, buah naga, semangka, jelly. popping boba dan ice cream.

jajanbeken what to eat ipoh

Semangkuk Mix Fruit ini bisa kamu nikmati dengan membayar sebesar 12 RM.

jajanbeken ipoh food guide

Akhirnya kami kembali ke hotel untuk beristirahat supaya besok bisa melanjutkan perburuan kuliner berikutnya. Dari sini kita memesan taxi online yang bisa ditumpangi berlima.

Hari Ke-2 di Ipoh

Keesokan paginya kita mencoba berburu kuliner di Jalan Market Lane. Di jalan ini ada beberapa kedai makanan seperti snack, pudding dan milk tea. Tapi perhatian kita justru tertuju ke dinding-dinding di sepanjang lorong-lorong dan gang. Ada banyak spot untuk berfoto dan kita pun keasyikan sendiri mengambil gambar disana.

jajanbeken where to stay ipoh
jajanbeken ipoh street food
jajanbeken ipoh best hotel
jajanbeken ipoh itinerary
jajanbeken ipoh best eats
jajanbeken itinerary budget ipoh

Setelah puas berfoto-foto akhirnya kita kembali ke hotel untuk sarapan pagi dan bersiap untuk check out.

jajanbeken ipoh landmark
Gedung Dewan Bandaran/ Ipoh Town Hall.

Setelah sarapan pagi di hotel kita bergegas check out pukul 10 pagi Waktu Malaysia lalu memesan taxi online menuju Terminal Bus Ipoh Amanjaya.

Perjalanan ke Kuala Lumpur akan berangkat pada pukul 11 pagi Waktu Malaysia dari Terminal Bus Ipoh Amanjaya menuju Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur yang akan memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.

Tiket bus ini sudah kita pesan sebelum berangkat ke Malaysia di situs www.easybook.com dengan harga tiket 107.25 RM atau sebesar IDR 366K per orang.

Budget Itinerary Ipoh 2D1N

Sekarang saatnya menghitung biaya per orang yang sudah kita keluarkan di Ipoh selama 2D1N.

Untuk biaya bus akan kita hitung dalam rupiah, dari Malaka ke Ipoh sekitar IDR 586.520. Kemudian biaya bus dari Ipoh ke KL sekitar IDR 366.190.

Untuk biaya penginapan selama 2D1N di M Boutique Hotel kamar standar twin sebesar IDR 663.680.

Di Ipoh kita tidak banyak berburu kuliner jadi biaya makan selama di Ipoh untuk 5 orang setelah ditotal sebanyak 36 RM + 12 RM = 48 RM atau sekitar IDR 163.890. Karena dibagi untuk 5 orang maka per orangnya menghabiskan IDR 32.778.

Jadi total biaya bus, hotel dan makan selama 2D1N di Ipoh adalah sebesar IDR 366.190 + IDR 663.680 + IDR  32.778 = IDR 1.062.648 per orang (311 RM) diluar dari biaya taxi online.

Nah itu tadi Ipoh Travel Guide untuk 2D1N, mau tahu bagaimana kelanjutan perjalanan kita di Kuala Lumpur pada hari ke-3 di Malaysia? Yuk ikuti petualangan kita di Kuala Lumpur 2D1N di artikel berikutnya “KL Travel Guide”.

Baca juga Melaka Travel Guide 2D1N di artikel sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.