stasiun solo balapan

7 Kuliner Solo Wajib Coba

Datang ke Kota Solo memang belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya yang terkenal. Kuliner Solo terkenal akan rasanya yang membuat kita kangen dan juga harganya yang murah meriah.

Tidak perlu menyediakan budget yang mahal untuk menjajal wisata kuliner Solo yang populer. Karena hanya dengan IDR 10.000 – 20.000 kamu sudah bisa mencicipi kuliner Solo yang aduhai. Berikut 7 Kuliner Solo Wajib Coba yang perlu kamu tahu sebelum datang ke Solo.

kuliner solo wajib coba
1. Selat Mbak Lies

Kuliner Solo pertama yang kita datangi adalah Warung Selat Mbak Lies. Nama rumah makan ini memang Warung Selat Mbak Lies, tapi bukan berarti hanya terdapat menu selat Solo saja. Warung Selat Mbak Lies juga punya menu andalan lain seperti timlo, sosis Solo dan selat galantin.

kuliner solo murah

Rumah makan ini dipenuhi dekorasi keramik China. Sementara untuk makan disini kita bisa duduk atau lesehan. Kamu bisa mengunjungi Warung Selat Mbak Lies mulai dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore.

kuliner solo kuliner malam solo

Untuk selat bistiknya sendiri memiliki citarasa manis dengan aroma kaldu sapi yang kuat. Akan tambah nikmat jika ditambah sambal untuk menambah citarasa. Satu porsi selat ini cukup murah seharga IDR 20.000.

Bagaimana dengan Selat Galantin? Citarasanya manis dengan kuah yang sedikit asam. Harganya cukup murah yaitu hanya IDR 20.000 juga.

Tapi menurut teman-teman justru yang paling enak adalah Timlonya. isiannya Kuahnya gurih dan terasa lezat ketika diseruput. Ditambah lagi dengan isiannya yang komplit terdiri dari telur pindang, jamur dan wortel. Cukup dengan membayar IDR 20.000 kamu sudah bisa menikmati Timlo khas Solo ini.

kuliner solo pecel solo jokowi
Timlo, Sosis Solo, Selat Bistik, Gado-gado, Selat Galantin (searah jarum jam).

MAP
2. Rujak Ice Cream Manahan

Kuliner Solo berikutnya merupakan sesuatu yang unik yaitu rujak ice cream. Sejatinya rujak ice cream adalah kuliner khas Jogja tapi ternyata kuliner ini juga sudah merambah ke Kota Solo. Tapi tidak ada salahnya mencoba kuliner unik yang satu ini. Lokasinya ada di daerah Manahan Solo kamu bisa klik map di bawah ya. Harga seporsi Rujak Ice Cream adalah IDR 9.000. Rujak ini bisa kamu temukan mulai dari jam 1 siang sampai 6 sore.

kuliner solo sego liwet bu parmi keratonan

Rujaknya merupakan kombinasi buah yang diserut dari apel, mentimun, mangga dan jambu. Sementara ice creamnya sendiri diberi 3 skup yang merupakan rasa kelapa. Kombinasi semua rasa ini menciptakan rasa yang unik, segar dan manis. Beberapa orang mungkin belum terbiasa menikmati ice cream dengan sesuatu yang pedas tapi siapa peduli karena aku suka rujak dan suka ice cream jadi bisa dapat keduanya kan.

kuliner solo paling rame

MAP
3. Dawet Telasih Bu Dermi

Berkunjung ke Kota Solo belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke Pasar Gede. Karena di Pasar Gede terdapat banyak sekali Kuliner Solo yang legendaris salah satunya Dawet Telasih Bu Dermi.

kuliner solo warung selat mbak lies

Jika sudah berada di Pasar Gede kamu harus masuk ke dalam pasar untuk menemukan minuman tradisional Khas Solo ini. Dawet Bu Dermi buka dari jam 8 pagi sampai 3 sore. Satu mangkuk es dawet ini harganya IDR 10.000 dengan isian kuah santan, ketan hitam dan dawet (cendol).

kuliner solo kuliner jogja kuliner semarang

Gurih dan manis adalah dua kata yang bisa menggambarkan rasa minuman ini. Sementara ketan hitam dan dawetnya sendiri terasa begitu lunak dan nikmat sekali saat diseruput dari sendok.

kuliner solo populer
MAP
4. Es Kapal Baron

Lokasi kedai minuman ini berada di pinggir jalan. Di bawah pepohonan rindang, es kapal ini sangat tepat disinggahi saat hari terik. Sambil menikmati segelas es kapal dan ditemani semilir angin yang bertiup di tengah-tengah teriknya matahari. Es Kapal Baron adalah minuman lezat dan segar, mirip dengan es susu coklat.

kuiner solo tengkleng pak manto

Segelas Es Kapal Baron dijual dengan harga IDR 7.000. Dengan rasa cokelat manis yang dicampur es serut menjadi terasa segar ketika di tenggorokan. Meskipun rasa manisnya begitu kuat kamu tidak perlu khawatir karena roti tawar yang dicelup kedalam es ini cukup ampuh mengimbangi rasanya.

kuliiner solo
MAP
5. Pecel Solo

Konon katanya rumah makan Pecel Solo ini pernah didatangi oleh Jokowi sehingga belakangan ini menjadi cukup ramai. Karena alasan inilah kita nekat untuk mengunjungi rumah makan dua tingkat yang ada di Turisari Solo.

kuliner solo sate kere yu rebi

Begitu masuk ke dalam restoran kita disambut dengan ornamen-ornamen tempo dulu nan klasik. Banyak sekali hiasan yang terbuat dari kayu serta hiasan zaman kolonial. Mungkin ini juga salah satu alasan Pak Jokowi singgah di tempat ini.

kuliner solo rujak ice cream manahan

Untuk menu makanannya kamu bisa memilih aneka lauk pauk secara prasmanan mulai dari sate, kikil, tahu, tempe dan aneka sayur. Selain itu juga kamu bisa memilih menu secara ala carte lewat buku menunya.

kuliner solo terenak

Sejatinya pecel itu sendiri bukan merupakan Kuliner Khas Kota Solo melainkan Kuliner Khas Madiun. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba sepiring pecel gurih yang disajikan disini. Untuk dua menu utama dan tiga gelas teh tawar kami cukup membayar IDR 77.000 saja, cukup murah bukan untuk ukuran sebuah restoran.

MAP
5. Sate Kambing Pak Manto

Malam mulai tiba, akhirnya kita mencoba berburu kuliner malam Solo sekaligus untuk makan malam. Setelah mendapat rekomendasi dari sahabat kita di Solo akhirnya kita mencoba salah satu Kuliner Khas Solo yang sangat terkenal yaitu Tengkleng Kambing.

kuliner solo kaki lima

Tengkleng adalah makanan khas Solo yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Tapi tidak hanya dagingnya saja, kamu juga akan menemukan bagian kambing mulai dari kepala sampai kaki. Jadi jangan kaget kalau di piring kamu ada iga kambing sekaligus jerohan. Namun untuk di Kedai Pak Manto ini tengklengnya bisa memesan yang versi pedas alias Tengkelng Rica-rica.

Kita juga memesan Sate Buntel yang juga menggunakan daging kambing yang telah dicincang halus kemudian dibakar menggunakan tusuk sate. Bagaimana dengan rasanya? Buat aku untuk tengkleng rica-ricanya terasa manis, pedas dan gurih dan hampir tidak berbau kambing. Sementara untuk sate buntelnya memang lezat tapi masih ada sedikit aroma kambingnya. Kembali lagi ke masalah selera, kalian lebih suka yang mana?

kuliner solo susu si jack

Makan di kedai Sate Kambing Pak Manto jangan sampai terlalu larut malam karena mereka hanya buka dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam.

MAP
6. Nasi Liwet Bu Parmi

Masih di kuliner malam Solo, karena merasa masih kurang kenyang akhirnya kita menjajal salah satu kuliner khas Solo yaitu nasi liwet. Nasi Liwet sendiri adalah nasi gurih yang dimakan bersama opr ayam, sayur labu, telur pindang, tempe tahu dan juga areh yang terbuat dari bubur kelapa. Areh inilah yang menjadi kunci kelezatan nasi liwet.

kuliner solo enak murah

Ada banyak nasi liwet di Solo tapi Nasi Liwet Bu Parmi adalah salah satu yang terenak di Solo dan wajib kamu coba. Nasi liwet Bu Parmi buka dari jam 6 sore sampai 12 malam. Kalau kesini kamu harus rela antri karena sudah banyak yang tahu akan kelezatannya. Aku dan teman-teman menghabiskan IDR 70.000 untuk 5 orang lengkap dengan kerupuk. Jadi murah banget kan dengan harga segitu sudah bisa makan enak.

kuliner solo jajanbeken food and travel blogger

MAP
7. Susu Shi Jack

Setelah menyantap nasi liwet akhirnya kita berjalan kaki dari tempat nasi liwet Bu Parmi ke sebuah kedai susu yang sudah terkenal yaitu Susu Shi Jack. Disini kamu bisa menikmati susu murni maupun susu dengan berbagai rasa. Kedainya mirip seperti angkringan jadi cocok sekali djadikan tempat nongkrong saat malam hari.

kuliner solo hits

Selain susu segar ada juga aneka roti bakar, sate dan gorengan sebagai teman minum susu.

Harganya pun cukup murah, kami berlima menghabiskan IDR 51.000 untuk susu dan cemialnnya.

kuliner solo street food solo
MAP

Setelah puas berkeliling Kota Solo seharian dan mencoba berbagai kulinernya akhirnya kita kembali ke tempat penginapan untuk beristirahat. Nah itu tadi 7 Wisata Kuliner Solo yang wajib dicoba. Baca juga petualangan travel bareng Jajanbeken disini. Sekarang saatnya petualangan kamu dimulai sampai jumpa di artikel berikutnya bareng Jajanbeken!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.