Wisata Belanja Keramik Plered Purwakarta Jawa Barat

Plered memang sudah terkenal sekali akan kerajinan keramiknya. Sejak kecil sering sekali dengar tentang Keramik Plered tapi baru kali ini bisa mengunjungi tempat itu. Dalam bayangan Beken, Plered itu ada di pelosok Jawa Barat. Hmmm ya bener sih tapi sebenarnya nggak begitu jauh juga loh dari Jakarta. Jarak Jakarta ke Plered itu sejauh 113 KM dan butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk bisa sampai disana, masih terjangkau kan.

Minggu siang yang cerah, kami bersama keluarga hendak mengunjungi Bendungan Cirata di Purwakarta. Tanpa disengaja kita melewati jejeran pedagang keramik di pinggir jalan. Baik di kanan maupun di kiri sepanjang jalan itu berjajar pedagang keramik disana. Mungkin kalian pernah dengar sebelumnya tentang Plered? Sebuah tempat di Purwakarta yang menjadi sentra kerajinan keramik di Jawa Barat.

Seperti yang Beken bilang tadi, perjalan ke Plered ini adalah wisata belanja yang nggak disengaja. Kebetulan saja kita sekeluarga lagi lewat dan tiba-tiba adikku berceloteh, “Wiihh banyak keramik disini, nanti pulangnya mampir ya”. Dan dari sinilah cerita belanja kita dimulai.

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta

Sentra Kerajinan Keramik Plered Purwakarta Jawa Barat

Akhirnya kita sampai juga di sentra keramik Plered. Kami parkir di seberang sebuah Masjid yang berada tepat di pinggir jalan. Masjid tersebut bernama Baetul Ma’nur yang terletak di Jalan Raya Anjun Kecamatan Plered. Awalnya Beken hanya ingin menunggu di mobil saja, namun setelah melihat sekeliling sepertinya banyak hal menarik disini.

Beken pun turun dari mobil sambil membawa kamera dan berkeliling melihat-lihat seperti apa keramik di Plered ini. Jalan raya terlihat lengang, waktu itu menunjukan pukul 17.10 PM jadi udaranya sudah tidak panas lagi.

Kali ini Beken nggak akan bercerita mengenai sejarah Keramik Plered karena sudah banyak artikel yang membahasnya ya. Tapi Beken kali ini hanya akan ajak kalian jalan-jalan aja sambil berbelanja.

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 6

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 2
Suasana Jalan Raya Anjun Kecamatan Plered Purwakarta.

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 5

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 3

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 4

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 11

Wisata Belanja Keramik Plered

Kebanyakan para pedagang Kermik Plered merupakan pengrajinnya sekaligus. Jadi yang dipajang di toko mereka merupakan hasil dari bengkel pembuatan keramik milik sendiri. Hebatnya keramik Plered nggak hanya melayani pasar lokal saja, Keramik Plered sudah menjangkau pasar ekspor mancanegara loh.

Sambil berjalan kaki menelusuri sepanjang jalan itu, Beken tak henti-hentinya sibuk memotret keramik-keramik disana. Kebanyakan keramik disini berupa gerabah, alat masak dan hiasan interior rumah, hotel dan restoran.

Akhirnya Beken tiba di salah satu toko penjual Keramik Plered yang tidak jauh dari tempat kami memarkir mobil. Toko ini belum memiliki papan nama tapi si penjual bilang biasanya dia menyebut tokonya dengan sebutan “Toko Taufik”.

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 12

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 13
Tempat Penyimpan Payung Rp. 50.000 – 80.000

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 16

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 8

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 9

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 10

Setelah Beken masuk ke toko ini ternyata sudah ada keluarga kami di dalam yang tengah sibuk memilih keramik. Beken kaget ternyata mereka sudah mulai membungkus beberapa buah kedalam kardus.

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 14

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 15

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 7

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta

Vas Bunga Kecil Rp. 10.000/ 3 buah.

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 17
Tempat Lampu Rp. 30.000
jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 20
Vas Bunga Rp. 20.000
Berburu Keramik Murah Di Plered Purwakarta

Dalam waktu sekejap akhirnya kita berhasil memboyong beberapa keramik, hiasan rumah, vas bunga, sampai wadah penyimpan payung dan bahkan wajan kecil untuk membuat kue serabi? LOL.

Memang harga Keramik Plered masih tergolong murah loh apalagi masih bisa kita tawar. Terutama kalau kalian hendak membeli dalam jumlah banyak. Seperti vas bunga kecil yang kami beli disini seharga RP. 10.000/3 buah, murah bukan?

Setelah semua dibungkus rapi dengan kardus-kardus bekas, akhirnya keramik-keramik itu dijejalkan kedalam bagasi mobil. Seketika mobil kami terasa penuh sesak dengan barang-barang hasil belanjaan kami.

jajanbeken plered pusat keramik jawa barat purwakarta 18

Setelah transaksi kami selesaikan kamipun bergegas pulang menuju Jakarta karena hari sudah mulai gelap. Kami senang sekali dengan kegiatan wisata belanja kali ini di Plered, Purwakarta. Sering denger kan kadang belanja itu bukan sesuatu hal kita rencanakan? Yup kali ini benar-benar kejadian pada kami hehehe.

Nah sobat tadi adalah pengalaman beken berbelanja di sentra kerajinan Keramik Plered di Purwakarta. Kalau kalian sedang mencari keramik untuk dekorasi rumah, restoran dan hotel mungkin bisa mengunjungi sentra kerajinan Keramik Plered di Purwakarta ini.

2 pemikiran pada “Wisata Belanja Keramik Plered Purwakarta Jawa Barat

Tinggalkan Balasan