Cara Membuat Latte Art: Bengawan Solo Coffee

Senang banget Jajan Beken bisa hadir di acara “ONE FINE DAY with Bengawan Solo Coffee” di Mall Kota Kasablanka. Karena di acara ini saya dan teman-teman food blogger lainnya bisa ikut menambah ilmu di sini, ilmu apakah itu? Yuk ikutin cerita Jajan Beken belajar membuat latte art di sini.

Sebelumnya Jajan Beken mau memperkenalkan dulu tentang Bengawan Solo Coffee atau yang disingkat dengan BSC. BSC ini merupakan kedai kopi asli Indonesia loh, dan kopi-kopi yang disajikan juga berasal dari perkebunan kopi Indonesia.

Management BSC sudah memiliki pengalaman memasarkan dan mengolah kopi lebih dari 30 tahun. Hingga akhirnya BSC membuka gerai kopi pertamanya di ITC Kuningan pada Mei 2003 yang pada waktu itu melayani take away concept.

 

Sesuai namanya Bengawan Solo Coffee, pastinya mengambil tema tradisional yang Indonesia banget! 

Menjadi nomor satu adalah tujuan BSC, tapi yang menjadi prioritas adalah BSC ingin menjadi Kedai Kopi yang diingat karena racikan kopinya.

 

Di acara ini kita disuguhkan dengan ilmu baru membuat latte art yang diselingi mini quiz serta mini competition. Nah ikutin juga cerita seru mini competitionnya.

 

Nah tadi kan di awal Jajan Beken mau sharing ilmu apa yang sudah kita dapat di acara kali ini? Yup kita dapat ilmu baru berupa tutorial membuat latte art dalam “Mini Tutorial Latte Art”. Yeaay senang banget rasanya bisa ikutan tutorial membuat latte art yang beken ini.

Sobat jajan pasti tahu kan belakangan ini Latte Art lagi hits banget di mana-mana. Minum kopi sekarang itu sudah jadi life style di kalangan pecinta kopi dan salah satu daya tariknya adalah Latte Art ini. Makanya Jajan Beken beruntung banget bisa ikutan tutorial membuat latte art di sini yang dibawakan langsung oleh Mas Babay dari David Roy Indonesia.

MEMBUAT LATTE ART

Pertama kita diajarkan cara membuat Latte Art, yang perlu kita siapkan dulu adalah espresso coffee sebanyak 1 atau 2 Oz kemudian kita tuangkan Full Cream Milk yang sudah dikocok hingga bervolume sambil dibentuk sedemikian rupa seperti ini.

 

Bentuk Latte Art umum yang sering kita jumpai yaitu Rosetta.

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat latte art di cangkir adalah dengan memperhatikan letak gagang cangkir dan gambar yang akan kita buat nantinya agar tepat dilihat oleh mata saat cangkir digenggam.

 jajan beken membuat latte art
Bentuk Latte Art lainnya yang nggak kalah beken.

Kebetulan di acara ini juga kita diperkenalkan dengan logo baru Bengawan Solo Coffee sekaligus diajarkan cara membuat latte art logo baru tersebut, waah selamat BSC buat logo barunya Yeaay!

 

Logo baru BSC dalam Latte Art (kanan).
 

3D LATTE ART

Dan di acara ini kita juga diajarkan cara membuat Latte Art yang lagi beken-bekennya yaitu “3D Latte Art!” Penasaran kan gimana caranya bikin “3D Latte Art” di atas kopi? Nah ternyata caranya sama seperti membuat Latte Art biasa, bedanya Latte Art yang ini bisa berbentuk rupa 3 dimensi.

3D Latte Art berbentuk “Sahabat Bengsol”.

Terus gimana caranya membuat latte art dengan bentuk 3 dimensi dari susu cair apalagi bentuk tersebut bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama. Nah sobat jajan ternyata rahasianya itu adalah “Putih Telur”, para barista menggunakan putih telur untuk dikocok bersama dengan susu cair hingga mengembang agar bentuk 3 dimensi yang kita buat dapat bertahan lebih lama.

Apa rasanya nggak amis? jangan khawatir sobat jajan putih telur yang dipakai disesuaikan jumlahnya agar tidak mengganggu rasanya.

Putih telur adalah bahan yang berkontribusi dalam pembuatan 3D Latte Art.

Nah sobat jajan sekarang sudah tau kan kalau 3D Latte Art itu dibuat dengan bantuan putih telur.

NGOMBE KOPI

Minum kopi di BSC juga dikenal dengan slogan “Ngombe Kopi”.  Share pengalaman sobat jajan bareng BSC dengan menambahkan hashtag #ngombekopi di instagram dan twitter.

Latte  Art yang kita buat hari itu.

MINI COMPETITION 3D LATTE ART

Selesai belajar cara membuat Latte Art akhirnya kita diminta membentuk tim yang beranggotakan 5 orang dan diberi kesempatan untuk mengikuti lomba membuat logo baru BSC dengan 3D Latte Art. Dan surprisingly hasil karya tim kita dinobatkan sebagai juara 1 yeaay.
Logo baru BSC dalam 3D Latte Art Competition.

Ohya nggak hanya kopi, BSC juga punya cemilan yang enak seperti pisang goreng, singkong goreng, pastel dan beberapa menu kue lainnya.

DANAMON COFFEE FOR FREE

Bengawan Solo Coffee juga bekerjasama dengan Bank Danamon untuk program promo khusus pemegang kartu Danamon. Sobat jajan bisa coba program “Coffee For Free” selain itu juga berhak mendapatkan kartu “Lucky card” yang bisa ngasih diskon sampai 100%.

 

Nah gimana sobat jajan seru kan acara membuat latte art dalam ONE FINE DAY with Bengawan Solo Coffee-nya.
Sobat jajan mau jadi Bengsolers seperti Jajan Beken dan dapet info terupdate dari BSC? Follow social media BSC yang terdapat di bawah postingan ini.

 

Bengsolers bareng Food Blogger.

Baca juga review Jajan Beken di outlet BSC FX Sudirman, silahkan klik link berikut: NGOMBE KOPI DI BSC FX SUDIRMAN

 

Mau info update lainnya? Yuk follow Jajan Beken di:

INSTAGRAM | TWITTER | GOOGLE+

______________________________________________________

RATING
Ambience : Good
Taste : Good
Service : Excellent
 
FACILITIES
Wifi : Yes
Plug : Yes
Dine in : Yes
Smoking Area : No
VIP Room : No
Delivery : No
Parking : Yes, integrated with mall
Valet : Yes, mall service
Toilet : Yes, integrated with mall
 
CONTACT
Address : Food Society Mall Kota Kasablanka, Upper Ground Fl., 
Jl. Casablanca No.88, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
Phone : 021-29465000, 29488635
Twitter : @bengsol_id
INFORMATION 
Open hour : 10 AM – 22 PM
Price : Food (IDR 29K), Drinks (IDR 18-46K)
Payment method : Cash, Debit, Visa
MAP

Tinggalkan Balasan