JAKARTA FASHION & FOOD FESTIVAL 2015

Halo sobat jajan! Bulan mei adalah bulan yang meriah untuk Mal Kelapa Gading, karena di bulan ini tepat tanggal 30 Mei mal Kelapa Gading Jakarta merayakan hari ulang tahunnya. Yess, seperti tahun-tahun sebelumnya disini diadakan acara besar yaitu Jakarta Fashion and Food Festival atau JFFF. Acara tahunan ini masuk dalam agenda Enjoy Jakarta dan Wonderful Indonesia loh dan diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta setiap tahunnya.

Agenda utama JFFF 2015 ini masih sama yaitu mengangkat tema makanan dan fashion Indonesia. Namun yang menarik untuk JFFF 2015 ini MKG Lapiazza mengangkat tema “Kampoeng tempo Doeloe” yang menceritakan tentang Pelabuhan Sunda Kelapa pada masa lampau. Kenapa? karena pelabuhan ini merupakan cikal bakal lahirnya kota Jakarta dan menjadi pusat perdagangan yang penting pada masa itu.

Nah, kali ini saya akan mereview khusus untuk food festivalnya saja. Yuk sobat jajan langsung saja kita lihat apa saja kemeriahan di “Kampoeng Tempo Doeloe”.

Pintu masuk menuju Pelabuhan Sunda Kelapa
Di pintu masuk ini kita bisa membeli kartu deposit sebagai alat tukar.
Kemeriahan pengunjung mulai terasa saat petang tiba.
Berbagai acara menarik disuguhkan oleh MKG Lapiazza di acara JFFF 2015 ini. Diantaranya Gading Nite Carnival yang digelar meriah saat pembukaan dan penutupan, dan biasanya dimeriahkan pula dengan pertunjukan kembang api yang spektakuler. Ada juga photography contest untuk kategori pemula dan profesional dengan tema makanan dan fashionnya. Lalu ada juga Wine 7 Cheese Expo, demo masak dan masih banyak lagi.
Atribut promosi seperti katalog, peta, petunjuk acara dan kartu deposit.
Suasana kampoeng tempo doeloe dilihat dari atas.
Antusiasme masyarakat di JFFF 2015.
Semakin malam suasana menjadi semakin ramai.
Suguhan khusus berupa pameran Wine & Cheese.

 

Demo masak dari Prambanan Kencana.
Lokasi tempat Kampoeng Tempo Doeloe ini terletak di dua area, yang pertama berada di pelataran Lapiazza dan yang kedua berada di lapangan parkir dekat dengan MKG 2. Lalu bagaimana dengan makanan yang ada disini? Yess mayoritas makanan disini merupakan tradisional food. Ada banyak pilihan makanan nusantara yang ada di JFFF 2015. Yuk sobat jajan kita langsung keliling di acara ini.
1. KERAK TELOR
Mungkin sobat jajan sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas Jakarta yang satu ini. Yess kerak telor memang banyak dijumpai di jalan-jalan sekitar Ibu Kota terutama pada saat pekan ulang tahun kota Jakarta. Dan tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi jajanan ini.
Terbuat dari beras ketan, dimasak dengan cara yang sederhana.
Penambahan telur dan ebi dimasukkan setelah ketannya matang.

 

Harumnya yang khas menggoda siapapun yang melewatinya.
Sesaat wajan perlu dibalik supaya matang merata.
Setelah matang, hidangan ini langsung ditaburi kelapa sangrai dan bawang goreng. Dan rasanya sudah pasti juara, aroma kelapa sangrai dan ebi yang gurih membuat kita tidak berhenti melahapnya. Siapapun yang mencobanya pasti ketagihan. Sekedar tips saja sobat jajan perlu menyediakan minuman.
Kerak telor dengan telor bebek (20K)
 
2. NASI GORENG KEBON SIRIH
Buat sobat jajan yang pernah melewati daerah kebon sirih Jakarta mungkin pernah melihat nasi goreng yang terkenal ini. Ciri khasnya adalah mereka memasak nasi gorengnya dalam jumlah banyak sekaligus di satu wajan yang ukurannya sangat besar.
Si pembuat sudah tahu betul takaran bahan-bahan yang dimasukkan untuk ukuran ini.
Butuh effort yang besar untuk menghasilkan hidangan yang istimewa.
Lalu bagaimana dengan rasanya? Yess harus diakui bahwa nasi goreng ini memang nikmat, kenapa? karena rasanya kaya akan rempah dan daging kambing yang tersembunyi di dalamnya lumayan besar-besar ukurannya, sehingga cukup memuaskan lidah kita. Bisa dikatakan rasa dari nasi goreng kebon sirih ini sedikit mirip dengan rasa nasi kebuli.
Nasi goreng kambing kebon sirih (35K/porsi).

 

3. ES CAMPUR JELLY PLUIT SAKTI

Es campur jelly pluit sakti merupakan salah satu booth yang ramai oleh pengunjung. Disini menyediakan escampur dengan berbagai macam isian atau topping.

Antrian oleh pengunjung.

 

Aneka isian ini sudah disesuaikan dalam menu-menu disini.
Es campur bobba buah ini salah satunya, isinya lengkap mulai dari peach, lychee, nata de coco, jelly, selasih dan pastinya bobba yang meletus di mulut. Rasanya seger banget, cocok buat dijadikan pendamping makanan kamu selama di JFFF 2015 ini.

 

Es bobba buah (35K).

Porsi es campur disini cukup besar jadi cocok untuk sharing. Dan karena tidak mengandung soda jadi cocok juga untuk anak-anak.

Es campur kombinasi (27K).

 

4. MARTABAK MINI BONG

Belakangan martabak menjadi primadona di kalangan pecinta makanan manis. Berbagai macam martabak mulai banyak dijumpai dengan aneka topping, namun martabak dengan topping keju dan meses tetap menjadi yang favorit.

Berbagai macam pilihan cara pencampuran toppingnya.
Martabak manis mini bong ini rasa manisnya pas. Dan sangat disukai anak-anak karena ukurannya yang mini ini. paling enak dimakan saat masih hangat.
Martabak manis (19K).
5. CILOK & CIMOL

Cilok dan cimol jajanan rakyat yang sudah cukup terkenal ini juga ikut meramaikan acara JFFF 2015. Cilok adalah bola sagu yang dikukus, sedangkan cimol adalah bola sagu yang digoreng. Namun kali ini saya mencoba ciloknya saja. Hanya dengan bumbu kacang saja cilok ini sudah juara rasanya.

6. MR. LUMPIA SEMARANG

Ekspektasi saya saat datang ke acara JFFF 2015 ini salah satunya adalah mencoba lumpia Semarang. Dan saya pun beruntung bsa menemukan jajanan ini. Rasanya yang khas cukup mencoba mengobati kerinduan akan jajanan Semarang yang satu ini, namun rasanya kurang otentik, belum bisa disamakan dengan lumpia dari kota asalnya.

Lumpia Semarang (15K).
Hanya itu saja jajanan yang saya cicipi di JFFF 2015 “kampoeng tempo doeloe”. Sebenarnya masih banyak lagi jajanan yang ada disini namun ada beberpa yang saya abadikan gambarnya seperti yang berikut ini.
Es goyang.
Srabi Solo Notosuman Ny. Handayani.

Nah sobat jajan, setelah puas keliling makan di sini tidak lupa saya ingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah bekas jajan kita di tempat sampah. Sampai ketemu lagi di acara JFFF selanjutnya. Salam jajan Beken!

Summary:
Event : Jakarta Fashion & Food Festival 2015 (Kampoeng Tempo Doeloe)
Presented by :
Summarecon, Pemrov DKI, Enjoy Jakarta, 12 Destinasi Wisata Pesisir Jakarta Utara
Held : 13 May – 7 June 2015
Location : Mall Kelapa Gading & Lapiazza
@mkglapiazza
Follow juga instagram Jajan Beken @adieguno

 

 

Tinggalkan Balasan