JAKARTA FAIR KEMAYORAN 2015

Yeay! Seneng banget rasanya bisa ketemu lagi dengan acara akbar tahunan yang digelar di JIEXPO Kemayoran ini, yup nama acaranya apalagi kalau bukan Jakarta Fair Kemayoran 2015 atau yang lebih dikenal dengan JFK. Acara yang digelar selama 38 hari dari tanggal 29 Mei – 5 Juli 2015 ini menempati area seluas 125.000 meter persegi, diikuti lebih dari 2500 peserta pameran ditambah dengan 500 lebih acara seru menjadikan JFK sebagai ajang pameran terbesar se-ASEAN.

Karena begitu besarnya acara ini maka seluruh hal A,B,C,D dan open space nya terpakai. Di JFK sobat jajan bisa menemukan aneka pameran multi produk mulai dari otomotif, komputer, seluler, fashion hingga makanan. Dan selama seminggu berlangsung total jumlah pengunjung yang datang sudah mencapai 1 juta dari target 5 juta pengunjung. Dengan target total transaksi sebesar 5 triliyun. [sumber JFK official]

Mengingat sebentar lagi bulan Ramadhan dan Idul Fitri kebetulan di JFK 2015 ini saya sedang menggali informasi mengenai mobil hemat bahan bakar untuk mudik. Nah setelah berkeliling di acara ini saya tertarik dengan salah satu booth milik Toyota karena setahu saya mereka baru meluncurkan kendaraan hemat bahan bakar yaitu Toyota Agya.

Booth Toyota Agya di area open space.
Pas sekali ternyata di booth ini saya menemukan Toyota Agya type terbaru yaitu Toyota Agya TRD dengan tampilan yang sporty dan dinamis. Dilengkapi dengan aerokit depan, belakang dan samping yang hanya ada pada tipe TRD ini. Sedangkan teknologi bahan bakarnya sudah LCGC (Low Cost Green Car) yang pastinya cocok sekali bila digunakan untuk mudik.
Tampilan sticker yang wah di Toyota Agya TRD ini dibuat khusus untuk pameran di JFK 2015.
Interiornya sudah dilengkapi dengan fitur keamanan dual SRS air bag ditambah system audio yang canggih dan AC yang mampu mendinginkan kabinnya yang luas. Tidak hanya itu di Toyota Agya TRD kita akan mendapatkan fitur electric outer mirror yang dapat mengatur spion dari dalam, power window dan passanger seat model terbaru yang pastinya sesuai sekali dengan slogan My Agya My Style. Sementara bagasinya yang luas mampu menampung segala keperluan mudik selama lebaran nanti.
Interior Toyota Agya tipe TRD yang elegan.
Dengan fitur yang lengkap dan harga yang bersahabat membuat saya semakin jatuh hati dengan Toyota Agya. Saya tidak bingung lagi memilih kendaran untuk mudik nantinya, dan sobat jajan yang juga sedang mencari kendaraan untuk mudik bisa datang ke booth Toyota di JFK 2015 untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi.
Nah tadi sekilas mengenai Toyota Agya, sekarang saya akan ajak sobat jajan keliling di JFK 2015 dan pastinya saya akan review beberapa jajanan yang ada di sini. Kebanykan booth jajanan di sini menempati area open space atau area out door nya. Yuk langsung saja kita lihat jajanan apa saja yang saya coba. Simak review berikut ini.
 
1. TORI ICHI
Jajanan street food a la Jepang ini menyediakan aneka gorengan dan grilled, tidak hanya ayam tapi juga ada ikan dan daging sapi.

 

Booth tori ichi yang sangat kental dengan nuansa Jepang.
Berbagai pilihan menu grilled dan fried dengan kisaran harga 10-20K/pcs nya.
Yang saya coba disini adalah Fish Long Stick dan Chicken Ball. Untuk Fish Long Stick nya itu adalah nugget ikan dori yang digoreng tepung, rasanya enak banget, teksturnya empuk dan rasa ikan dorinya terasa sekali. Dan fish long stick ini merupakan best seller di sini.
Di packing dalam paper cup sehingga memudahkan saat dibawa.
Sementara untuk Chicken Ball nya adalah baso ayam yang di grilled dengan saus teriyaki, rasanya cukup enak juga tapi yang menjadi favorit buat saya adalah stik ikan dorinya.

 

Sobat jajan bisa langsung makan atau menggunakan tambahan saus dan mayonnaise.

 

2. GELATOLOGIST

Masih di area open space saya menemukan gelato ice cream pan yang merupakan brand baru yaitu Gelatologist. Dengan konsep yang simple, dimana ice cram base yang berbentuk liquid dituang dalam pan bersuhu rendah kemudian diratakan dan digulung baru bisa dinikmati dengan tambahan topping yang beragam.

 

Pengunjung tertarik melihat open kitchen dari gelatologist ini.

 

Range harga antara 20 – 22K.

Sobat jajan bisa lihat bagaimana mereka membuat ice cream yang kita pesan karena ada spot open kitchen untuk mengintip cara pembuatannya. Saya mencoba mengambil gambar step by step pembuatan ice cream coklat mereka seperti yang terlihat pada foto-foto berikut.

Ice cream base dituang ke pan lalu ditambah bubuk coklat.

 

Adonan diaduk menggunakan dua buah spatula yang lebar.

 

Pada saat adonan mulai membeku lalu diratakan dan digores dibagi menjadi tiga bagian.

 

Kemudian digulung secara perlahan untuk dimasukkan ke dalam cup lalu siap untuk dinikmati.

Yang saya coba berikut ini adalah rasa kiwi dengan additional permen cha-cha. Additional nya bisa di mix ke dalam ice cream nya atau hanya ditambahkan sebagai topping saja seperti yang saya pesan di bawah ini. Untuk rasa ice cream ini enak, teksturnya lembut dan manisnya pas. Buah kiwi yang segar menyatu dengan baik di ice cream ini.

Kiwi gelato ice cream pan (20K).

3. BREAD KURTOS
@kurtosbatam

Yeay akhirnya ketemu sama Hungarian Bread yang satu ini yaitu Kurtos Bread. Kurtos Bread ini bentuknya unik banget mirip selongsong pipa. Disini kita bisa tambah aneka topping yang beragam loh sobat jajan, dan khusus untuk acara JFK 2015 ini mereka membuat promo pay 2 for 3.


Kurtos Bread dengan aneka topping, range harga 15-25K.

 

Topping yang merupakan best seller adalah oreo dan almond.

 

Sesaat sebelum kurtos bread dipanggang.

 

Nah sobat jajan, yang saya coba berikut adalah simple topping yang menjadi favorit saya yaitu cinnamon.  Ini adalah pertama kali saya coba roti kurtos jadi simple topping cinnamon sepertinya cocok untuk saya.

 

The Cinnamon Brown Sugar (20K).

Well rasa roti ini enak dengan tekstur yang empuk dan ada crispy nya. Pastikan sobat jajan mendapatkan roti yang fresh from the oven karena roti ini paling enak dimakan saat masih hangat. kalau sudah dingin teksturnya jadi keras. Cara makannya sendiri cukup unik, sobat jajan bisa temukan ujung dari selongsong roti ini lalu tarik dan langsung dimakan sedikit demi sedikit.

 

Selain enak cara makan roti ini pun unik.

 

4. LUMPIA 
Tepat di seberang tenant kurtos bread ada booth yang menyediakan khusus lumpia semarang yaitu Lumpia Oma Rina. Karena saya merupakan penggemar lumpia goreng maka saya tidak mau ketinggalan momen untuk mencoba lumpia mereka.

 

Lumpia di sini dimakan bersama saus sambal kacang. Rasanya hampir mendekati lumpia dari kota asalnya Semarang. Well lumpia ini cukup mengobati kerinduan saya akan lumpia Semarang.

Lumpia isi ayam (7K).

Nah sobat jajan itu beberapa jajanan yang sempat saya coba di JFk 2015. Sobat jajan bisa mengelilingi area open space nya untuk menemukan jajanan lain yang juga tidak kalah seru seperti tenant-tenant berikut ini.

Frozen Ben ice cream.

 

Yi Kon Korean ice cream.

 

Sosis Bakar.
Di area open space ini selain jajanan sobat jajan juga bisa menikmati pilihan permainan bersama keluarga yang pastinya menarik untuk dicoba.
      
Bianglala.

 

Terdapat juga pojok tempat makan yang cukup luas di area ini lengkap dengan tenda-tenda yang nyaman, dimana lantai duanya langsung mengarah ke arah panggung.

Pada saat malam hari suasana di JFK semakin ramai pengunjung. Sobat jajan juga bisa menemukan jejeran tempat makan atau jajanan di sepanjang selasar masing-masing Hal.

Keramaian pengunjung memadati area selasar.

 

Tenant Japanese Hot Dog.
Berbagai acara menarik ditemukan di arena JFK 2015 ini
Setiap malamnya para pengunjung akan dihibur oleh penampilan dari artis-artis ibu kota.
Di bagian dalam Hal B ada banyak pilihan furnitur dan interior yang di pamerkan di sini. Mulai dari ruang tamu, ruang tidur, ruang makan hingga kamar tidur untuk anak.
Salah satu tenant yang memamerkan koleksi lukisan.
Chandelier.

 

Set meja makan mewah juga melengkapi pameran ini.

 

Temukan perlengkapan makan mewah ini hanya di JFK 2015.

Sobat jajan bisa datang ke Hal A karena disini tersedia berbagai keperluan fashion dengan banyak pilihan brand dan harga yang sangat menarik.

Selain pameran kebutuhan perlengkapan rumah serta festival jajanan di JFK 2015 juga menghadirkan informasi up to date mengenai pembangunan yang terjadi di Jakarta. Sobat jajan bisa datang ke Hal D untuk informasi lengkap dari sumbernya secara langsung.

 

Proyek MRT Jakarta.
Proyek Jalan Layang Tendean.
Nah sobat jajan belum lengkap rasanya kalau ke Jakarta fair pulangnya tidak membawa bingkisan oleh-oleh snack yang legendaris ini. Banyak ditemukan di area open space dan pintu keluar arena Jakarta Fair.

 

All variant (10K).


Ini dia jajanan khas betawi yang identik dengan Jakarta Fair yaitu kerak telor. Banyak dijumpai di sepanjang jalan menuju JIEXPO. Senang banget rasanya bisa menemukan jajanan tradisonal yang lezat ini. 

 

Di area luar banyak sekali pedagang kerak telor yang datang dari berbagai penjuru Jakarta.
Nah sobat jajan itulah ulasan singkat mengenai kunjungan saya di Jakarta Fair Kemayoran 2015. Sobat jajan bisa datang dan menikmati jajanan di sini dan tidak lupa saya ingatkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya ya. Yuk kita budayakan jajan yang baik, salam jajan!
Summary :
Event : Jakarta Fair Kemayoran 2015
Presented by : PT. Jakarta International EXPO, Pemrov DKI Jakarta
Held : 29 Mei – 5 Juli 2015
Location : JIEXPO Kemayoran

 

8 pemikiran pada “JAKARTA FAIR KEMAYORAN 2015

Tinggalkan Balasan