HUT DKI JAKARTA KE-491

Hari ini Jumat 22 Juni 2018 adalah hari yang spesial untuk Warga Jakarta karena tepat hari ini Kota Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-491. HUT DKI Jakarta kali ini bertepatan dengan hari libur sekolah 2018 dan libur lebaran Idul Fitri 1439H.

Sebagai Warga Jakarta saya ingin merayakan ulang tahun Jakarta dengan cara yang berbeda. Saya ingin membagikan pengalaman susah, senang selama hidup di Kota Jakarta. Saya ingin dari pengalaman-pengalaman ini timbul harapan dan semangat untuk perbaikan. Tentunya ada banyak cerita yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

jajanbeken jakarta anniversary day

Lika Liku Jakarta

Aku pernah menyebrang jalan di lampu merah di Jakarta. Saat lampu menyala merah mobil-mobil di depan ikut berhenti dan akupun langsung menyebrangi jalan itu. Tiba-tiba datang motor ber-CC besar dari arah belakang dan seketika menyerempet tangan ku dan membuat ku kaget. Namun motor tersebut jatuh tersungkur dan ternyata pengendara motor tersebut adalah seorang TNI Abdi Negara. Karena aku selamat dan tidak terluka akupun berniat ingin menolong orang itu untuk membangunkannya.

Tapi apa yang aku dapat? Sambil berusaha berdiri sendiri dia membentak dan memarahi ku karena aku tidak mendengar bunyi klakson dari motornya. “Maaf pak saya tidak tahu kalau Bapak dari arah belakang”, tandas ku. Di depan ada seorang Polisi yang melihat kejadian ini hanya berdiri melihat dari bawah lampu merah. Bukankah kedua profesi tersebut baik TNI maupun Polisi adalah orang yang seharusnya melindungi masyarakat? Hikmah kejadian ini adalah Tuhan masih melindungi ku dari marabahaya dan tidak ada satu penolong pun selain Dia.

Aku juga pernah masuk ke salah satu Mall elit di Jakarta yang harus melewati bilik pemeriksaan. Staff penjaga membuka resleting tas yang ku bawa. Sementara di belakang ku seorang warga negara asing yang membawa tas branded melewati bilik yang sama namun tanpa diperiksa isi tasnya. Untuk alasan keamanan aku bingung kenapa bisa ada perbedaan perlakuan antara aku dengan warga negara asing itu, padahal aku lah yang lahir di sini di tanah Jakarta.

Selain masalah diskriminasi yang saya alami di atas masih banyak lagi masalah seperti macet, banjir, pengemis dan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di kota ini.

Meskipun demikian, hal baik yang membuat saya senang adalah sekarang Jakarta sudah banyak mengalami kemajuan. Sarana transportasi sudah ditingkatkan kualitasnya baik itu Trans Jakarta, KRL Commuter Line, Bus Kopaja dengan AC, Kereta Bandara dan sebentar lagi akan hadir Angkot ber-AC dan proyek terbesar saat ini yaitu MRT Jakarta.

Semua itu tentunya pembangunan dari Jakarta untuk Jakarta untuk kemakmuran warganya. Lantas timbul pertanyaan,

Hadiah apa yang akan kamu berikan untuk Kota Jakarta Tercinta?

Memperingati HUT DKI Jakarta ke-491

Hari ini, Jumat 22 Juni 2018 kita sengaja berangkat pagi-pagi menuju tempat Wisata Kota Tua khusus untuk berfoto bersama salah satu Kesenian Betawi yaitu Ondel-Ondel.

jajanbeken ondel-ondel betawi

Selamat ulang tahun Kota Jakarta! Harapan ku untuk Kota Jakarta semoga Jakarta menjadi tempat yang aman, tentram, maju, bersih dan teratur. Semua orang bebas berkarya, bebas berpendapat, bebas mencari nafkah namun dalam batas-batas hukum dan norma yang berlaku. Dirgahayu Jakarta yang ke-491!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.