Food Hotel Indonesia 2015 JIEXPO Kemayoran Jakarta

 Bulan April 2015 yang lalu Indonesia menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan pameran hospitality terbesar di Asia yaitu Food Hotel Indonesia 2015 yang ke-13. Bertempat di JIEXPO Kemayoran yang menempati Hal B, C, D dan open space.
Untuk bisa menghadiri ke acara ini kita bisa mendaftar secara online di situs www.pamerindo.com dimana pengunjung yang melakukan pendaftaran melalui jalur online otomatis akan menjadi Gold Visitor. Namun untuk yang tidak sempat melakukan pendaftaran online maka bisa melakukan pendaftaran on the spot dan semuanya tidak dipungut biaya.
Lebih dari 1300 perusahaan dari 45 negara ikut serta dalam pameran ini yang juga dipenuhi berbagai acara konferensi dan seminar di dalamnya. Acara pameran ini juga terintegrasi dengan pameran Retail Indonesia 2015 ke-13 dan Salon Culinaire Chef’s Competition ke-10.
Adapun sektor yang banyak dijumpai di pameran ini meliputi food products and drinks, restaurant and catering equipment, hotel equipment serta bakery and confectionary. Saya sendiri bekerja di sebuah flavor house dan kali ini saya bersama dengan rekan kerja mengunjungi hampir semua booth yang ada di sini antara lain sebagai berikut;
1. GANDUM MAS KENCANA
Merupakan produsen chocolate compound yang pertama di Indonesia. Kini pasarnya telah meluas ke ASEAN dan Timur Tengah. Produk yang sudah memiliki pasar dari Gandum Mas Kencana salah satunya adalah Colatta. Berikut adalah beberapa produk dari Colatta yang dipamerkan dan dijual di booth mereka.
Colatta Desserts.
Pudding Colatta.
Pudding Colatta.
Praline.
2. CEDEA
Cedea adalah frozen food untuk spesialisasi nugget, bakso ikan, surimi dan aneka dimsum. Di pameran kali ini PT. Citra Dimensi Arthali membuka booth khusus yang menawarkan aneka frozen food yang sudah bersertifikat Halal, HACCP dan GMP. Untuk megetahui produk cedea lebih banyak lagi silahkan klik [di sini].
Nugget dengan aneka bentuk yang pasti disukai anak-anak.

3. LAINOX
Lainox adalah cooking equipment asal Italia. Di Indonesia brand asal Italia ini dipegang oleh PT. Megametal Perdana selaku distributor. Lainox memfokuskan diri untuk oven, chiller dan kitchen block. Waktu mengunjungi booth Lainox kebetulan sedang diadakan demo membuat sate ayam dengan oven lainox.
Chef dari Lainox menjelaskan teknik platting untuk sate a la hotel bintang lima.
Teknik platting yang baik memperhatkan unsur estetika pada penyajiannya.
Sang chef menjelaskan bahwa dengan oven Lainox kita bisa membuat sate tanpa menggunakan arang yang harus selalu dijaga tapi dengan Lainox semua diatur dengan tombol dan serba otomatis ditambah tingkat kematangan makanan yang bisa diatur. Selepas demo kami para pengunjung diperkenankan untuk mencicipi hidangan yang baru dibuat dan semuanya ini fresh from the oven.
Dengan cooking equipment dari Lainox sate ayam bisa diatur tingkat kematangannya.
4. FROZEN BEN
Instagram : @frozenben_icecream
Di antara booth-booth Food & Hotel Indonesia saya menemukan jajanan ice cream dari Frozen Ben.
Saya dan teman jajan saya mencoba ice cream ini. Selain di pameran mereka juga membuka tenant di Mall Ambasador, Mall Ciputra, Cibubur Junction dan Tangcity Mall dengan range harga mulai dari 15-17K.
Frozen Ben ice cream.
5. SUPRESSO
Supresso adalah produsen kopi roaster asal Indonesia yang memenuhi kebutuhan kopi baik lokal maupun mancanegara. Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup sehingga mendorong Supresso mengembangkan bisnisnya untuk membuka concept bar store di Lenmarc Surabaya dan memperkenalkan kopi dari 14 wilayah di Kepulauan Indonesia.
Biji kopi mentah sebelum di roasting.
Lewat pameran ini pula pengunjung diperkenalkan dengan kopi-kopi yang dipetik dari tanah Indonesia mulai dari Aceh Gayo, Sumatra Mandheling, Bali Kintamani, Jawa, Lampung, Flores Bajawa, Toraja, Papua Baliem hingga Kopi Luwak dengan masing-masing ciri khasnya.
Banyak sekali food tasting yang diadakan di FHI 2015 seperti yang terekam dalam gambar-gambar berikut.
Ice cream ini terasa lembut di mulut dan rasanya pun enak.
Salmon grilled.
Mini Muffin.
Cup Cake dengan kartun print.
Macaroon.

Baby octopus.

Selain makanan dan minuman di sini ini juga dipamerkan perlengkapan makan seperti dari Sango Ceramics dan masih banyak lagi.
Booth Sango Ceramics.
Di FHI 2015 juga diadakan lomba menghias coklat seperti yang diikuti oleh Restaurant Pipiltin Cocoa dan beberapa akademi perhotelan.
Petit four chocolate dari Pipiltin Cocoa.
Lokomotif yang terbuat dari coklat.
Saya juga sempat melihat perlombaan membuat makanan imitasi atau fake food yang terbuat dari bahan resin. Semuanya terlihat apik dan menggugah selera serta benar-benar menyerupai makanan sungguhan, berikut foto-fotonya;
Nah sobat jajan itu tadi pengalaman saya sewaktu mengunjungi Food & Hotel Indonesia 2015. Banyak sekali makanan dan minuman yang dipamerkan di sini sehingga membuat saya betah berlama-lama berada di sini. Senang sekali bisa menyempatkan hadir di acara seperti ini semoga kedepannya akan lebih banyak lagi acara serupa yang tentunya lebih bagus lagi.
Bersama rekan kerja dari PT. Ogawa Indonesia Flavor & Fragrance.
Summary :
Event : Food & Hotel Indonesia 2015, Retail Indonesia 2015, Salon Culinaire Chef Competition
Presented by : Pamerindo Indonesia
Held : 15 – 18 April 2015
Location : JIEXPO Kemayoran

2 pemikiran pada “Food Hotel Indonesia 2015 JIEXPO Kemayoran Jakarta

Tinggalkan Balasan