gandum mas kencana

Cokelat Colatta FHI 2019 – Inspirasi Ide Bisnis Kuliner

Jumat 26 Juli 2019, masih dalam event pameran terbesar Food & Hotel Indonesia 2019. Kali ini kita akan ajak kamu untuk menggali lebih dalam mengenai ide bisnis kuliner yang potensial. Ikuti berbagai kegiatan seru selama di booth Cokelat Colatta di bawah ini. Contek juga ide bisnis dari Chef Ronald Prasanto yang membagikan resep rahasianya di sini!

Food & Hotel Indonesia 2019

Event FHI memiliki persfektif yang berbeda dimana dalam event ini lebih banyak mempertemukan business to business. Tapi pada dasarnya setiap individu juga berpeluang untuk menjadi pelaku bisnis jadi FHI 2019 juga merupakan ajang pameran yang terbuka untuk semua.

Untuk itu, PT Gandum Mas Kencana mengajak para food creator untuk ikut serta berpartisipasi dalam setiap kegiatannya selama pameran Food & Hotel Indonesia 2019.

Beragam Produk Andalan

PT Gandum Mas Kencana memang merupakan salah satu produsen cokelat di Indonesia, namun ternyata produk-produknya tidak melulu soal beragam bentuk cokelat olahan. Produk andalan lainnya, yaitu seperti icing sugar, donut dusting, premix untuk pudding, dessert dan pancake. Jadi secara garis besar PT Gandum Mas Kencana adalah produsen dari brand Colatta, Haan, dan Bendico.

wonderful indonesia
resep cokelat
Demo Chocolate Modelling

Dalam demo kali ini, dua orang chef handal yang merupakan technical advisor PT Gandum Mas Kencana ikut membagikan tips seputar Chocolate Modelling. Chocolate Modelling dianggap begitu sulit untuk dipraktekkan. Namun menurut Chef Dandy dan Chef Sugeng hal ini bisa dilakukan dengan teknik-teknik tertentu, salah satunya dengan penggunaan bahan baku yang sesuai.

top foodies jakarta
Chocolate Modelling Demo oleh Chef Dandy

Konsep ombre pada demo chocolate modelling ini menggunakan produk unggulan Colatta yang kegunaannya sebagai bahan tambahan pewarna makanan yang berbahan dasar Untuk itu mereka menggunakan bahan ;emak nabati, yaitu Colatta Chocoart. Produk ini memiliki intesitas warna yang tinggi sehingga penggunaanya dalam aplikasi lebih sedikit. Selain itu juga tahan pada suhu tinggi sehingga warnanya tetap terjaga.

Gunakanlah plastik untuk meratakan adonan pada saat membuat bentuk-bentuk yang tipis.

Chef Dandy
food hotel indonesia 2019

Memang keunggulan dari produk Colatta Chocoart ini merupakan oil based food coloring agent yang berasal dari lemak nabati. Namun tidak merusak tekstur adonan, krim, cokelat atau kreasi lainnya.

chocolate compound
Chocolate Modelling Demo oleh Chef Sugeng
fhi 2019

Chocolate Modelling itu sebenarnya tidak sulit asalkan kita memahami teknik dan bahan yang kita pakai.

Chef Sugeng
gandum mas kencana
Demo Mixologist & Molecular Gastronomy

Masih dalam rangkaian acara sharing informasi dari para pakar kuliner, tak ketinggalan Colatta juga menghadirkan Chef Ronald Prasanto sebagai ahli Mixologist dan Molecular Gastronomy. Dalam kesempatan kali, ini Chef Ronald membagikan beberapa resep minuman dengan menggunakan Colatta Drinking Chocolate.

Kalau Bapak-Ibu sekalian membangun usaha kuliner, pastikan menggunakan bahan yang bisa dipakai di beberapa menu. Supaya bahan tersebut cepat terpakai habis sehingga lebih efisien.

Chef Ronald Pradanto
Coconut Cream Drinking Chocolate

Saat ini, banyak sekali penggunaan gula aren atau brown sugar pada minuman. Tentunya ini bisa menjadi ide bisnis untuk menciptakan minuman-minuman lain yang menggunakan brown sugar tak terkecuali minuman chocolate drink.

Untuk itu, Chef Ronald juga turut membagikan cara mengkreasikan minuman ini yang bahan utamanya menggunakan Colatta Dinking Chocolate, susu, dan brown sugar yang sudah dimasak dengan air dan santan untuk menambah cita rasa gurih.

Dalam membuat chocolate drink dengan menggunakan shaker akan menciptakan tekstur yang masih kasar, tapi justru ini menjadi sensasi tersendiri pada saat kita meminumnya.

Chef Ronald
ide bisnis kuliner
Coconut Cream Drinking Chocolate
Herbal Drinking Chocolate

Kemudian untuk resep yang berikutnya Chef Ronald menggunakan Colatta Drinking Chocolate yang dicampur dengan susu dan jamu spesial. Jamu spesial ini tentunya sangat mudah ditemukan karena biasanya diminum saat orang mengalami masuk angin.

chef ronald prasanto

Loh kok bisa? Ya, untuk resep minuman kali ini memang terbilang unik karena rasanya merupakan perpaduan antara manisnya cokelat dan sensasi dingin dari daun mint yang terkandung dalam jamu tolak angin spesial tersebut.

Dalam meracik makanan atau minuman jangan terlalu terpaku dengan resep. Tapi yang terpenting adalah aroma dan rasa yang keluar dari hasil racikan kita apakah sudah pas atau belum.

Chef Ronald

Tidak disangka-sangka minuman coklat dengan campuran jamu spesial, resep dari Chef Ronald ternyata enak banget! Perpaduan cokelat dan mintnya sungguh serasi dengan sensasi dingin yang membasahi tenggorokan saat meneguknya. Tentunya ini bisa menjadi ide bisnis minuman yang saat ini sedang digandrungi. Silahkan download resep minuman kreasi Colatta Drinking Chocolate disini.

cokelat colatta

Nah itu tadi liputan kegiatan kita di booth Colatta di hari ke-3 Food Hotel & Indonesia 2019. Jadi sudah tahu apa ide bisnis kuliner yang cocok buat kamu? Lihat juga keseruan peluncuran buku Spectacolour di booth Colatta disini. Sampai jumpa lagi di cerita kuliner selanjutnya bareng Jajanbeken!

Lihat juga cuplikan keseruan acara pameran Food & Hotel Indonesia 2019 di booth Colatta.

View this post on Instagram

Dihari kedua ini aku berkunjung lagi ke Pameran Food & Hotel Indonesia 2019 untuk melihat keseruan lainnya di boothnya @cokelatcolatta . Disini aku belajar cokelat modelling dan berbagai tipsnya. Terus aku juga diajarin cara membuat aneka minuman unik dalam demo Mixology & Gastromolecular. . Yuk datang ke booth @cokelatcolatta di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019 Karena besok hari terakhir! . #iamfoodcreator #colattafhi2019 #jajanbeken #videojabek #foodhotelindonesia #foodhotelindonesia2019 #jiexpokemayoran

A post shared by Bona | Adie🇮🇩Food-Travel Blog🏆 (@jajanbeken) on

Instagram @cokelatcolatta

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.