mengatur ekonomi saat pandemi

Tips Mengatur Keuangan di Tengah Wabah Corona

Kita tahu wabah corona yang meluas sejak Desember 2019 hingga Maret 2020 ini memukul roda perekonomian dunia. Mulai dari perekonomian individu, badan usaha, nilai tukar mata uang, saham hingga harga minyak dunia pun ikut melemah.

Saat di bangku sekolah dan kuliah pasti kita pernah mempelajari ilmu ekonomi. Saat wabah corona ditetapkan oleh WHO menjadi pandemi, rasanya kita perlu menerapkan apa yang sudah kita pelajari saat di bangku sekolah. Bahkan saat TK kita diajarkan untuk selalu rajin menabung. Tips Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi ini bisa membantu kita lebih teliti lagi mengatur keuangan.

kapan corona akan berakhir
1. Utamakan Kebutuhan Pokok

Atur anggaran keuangan untuk kebutuhan pokok atau kebutuhan primer terlebih dahulu. Yang termasuk kebutuhan pokok diantaranya makanan, air, listrik, sewa tempat tinggal, internet dan lainnya. Tunda dulu pengeluaran untuk kebutuhan sekunder dan tersier.

menghadapi wabah corona
2. Sediakan Uang Tunai di Rumah

Saat kondisi tidak memungkinkan untuk pergi jauh, terkadang kita perlu membeli bahan kebutuhan di toko kelontong. Saat inilah kita memerlukan uang tunai, karena tidak semua toko kelontong menyediakan pembayaran online.

ekonomi saat corona
3. Hindari Pemakaian Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memang praktis dan bisa digunakan di hampir semua platform e-commerce. Tapi sebaiknya hindari pemakaian kartu kredit karena bisa jadi tagihan baru membuahkan masalah di kemudian hari. Sementara kita tidak tahu kapan situasi akan membaik.

mengatur uang saat pandemic
4. Hindari Pengeluaran yang Tidak Penting

Saat melihat ada barang-barang dari kebutuhan sekunder atau tersier didiskon dengan potongan harga yang wow, sebaiknya tunda dulu keinginan untuk membelinya. Jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Alokasikan dana untuk kebutuhan primer terlebih dahulu.

mengatur pengeluaran saat sabah corona
5. Jaga Kebersihan dan Hidup Sehat

Mengapa menjaga kebersihan dan hidup sehat penting? Hal ini untuk mencegah pengeluaran biaya berobat akibat jatuh sakit. Sekalipun anda sudah memiliki asuransi kesehatan adakalanya biaya di awal ditanggung dari dompet kita terlebih dahulu.

tips menjaga kebersihan di Tengah Wabash corona
6. Tetap Menabung

Apabila ada pemasukan lagi dari penghasilan utama atau dari penghasilan sampingan anda, sebaiknya ditabung dahulu. Bisa juga dialokasikan untuk dana darurat terlebih untuk situasi yang kian memburuk.

update corona Indonesia
7. Menjalankan Penghasilan Tambahan

Saat wabah pandemi mengharuskan kita untuk tetap di rumah mungkin kita akan kehilangan penghasilan utama. Saat inilah kita harus mengaktifkan penghasilan tambahan kita. Belum tentu semua bisnis untuk penghasilan tambahan akan cocok diterapkan saat wabah corona. Bisnis berbasis online atau kerjasama dengan delivery bisa jadi alternatif.

tips mengatur keuangan saat wabah corona
8. Jangan Lupa Bersedekah

Mengapa bersedekah itu penting? Meskipun kita sedang mengalami kesusahan, bayangkan orang-orang yang kurang beruntung di luar sana juga merasakan dampak wabah corona bagi kelangsungan hidup mereka. Bantulah sesama dengan bersedekah baik dalam bentuk uang, makanan, pakaian atau kebutuhan sehari-hari. Niscaya perbuatan baik itu akan melipatgandakan rejeki kita dan Tuhan memudahkan kesulitan kita, aamiin.

menghemat uang saat corona

Catatan: semua foto dalam artikel ini diambil dari pexels dot com.

Cek juga Supermarket di Jakarta yang meyediakan layanan delivery di artikel ini.

Cek juga pengalaman berbelanja di Supermarket dan membeli makanan serba kuning di video ini.

https://www.youtube.com/watch?v=a52v48UN4M4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.