Bale Bengong Seafood

Lokasi Restoran Bale Bengong Jakarta dekat dengan pintu gerbang masuk Bandara Halim Perdana Kusuma. Dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang restoran ini berdiri di lahan yang asri di Jakarta Timur. Restoran ini khusus menyediakan seafood yang dilengkapi dengan area lesehan yang luas. Selain di Jakarta restoran ini juga membuka cabang di Jogjakarta.
Selamat datang di restoran sea food Bale Bengong.
Tanggal 5 July 2015 yang lalu saya diundang untuk menghadiri acara buka puasa bersama di Restoran Seafood Bale Bengong ini bersama pergikuliner.com dan Indonesia Food Blogger. Di acara ini kami diperkenalkan dengan pergikuliner.com yang merupakan aplikasi pencari restoran baru di Indonesia milik anak bangsa dan saya bangga akhirnya kita punya aplikasi pencari restoran yang berbasis perusahaan milik lokal.
Pintu masuk ke restoran Bale Bengong.

 

Dilengkapi dengan dekorasi yang mengadopsi ornamen-ornamen Nusantara seperti kain Bali, payung dan arca dari Bali yang diletakkan di pintu masuk sebagai penyambut tamu yang datang.

 

Ornamen Bali menghiasi sudut-sudut restoran.
Di lobby utama terdapat ruang terbuka yang cukup luas dimana di bagian atap ruang ini terdapat hiasan lampu yang dibuat dari payung tradisional dari tanah melayu yang ditata dengan begitu apik. Dengan ornamen yang mewakili ciri khas Indonesia diharapkan membuat tamu merasa betah untuk bersantap di sini.
Dekorasi lampu yang terbuat dari payung tradisional melayu.
Restoran ini juga dilengkapi dengan area lesehan di bagian outdoor lengkap dengan meja panjangnya dan dekorasi bernuansa Bali. Area ini berupa saung besar yang langsung terhubung dengan udara luar dimana di sekelilingnya terdapat banyak pohon-pohon yang menyejukkan mata, sebuah restoran dengan pemandangan yang jarang ditemukan di Jakarta.
Area lesehan yang terletak di out door.
Selain area lesehan di outdoor, di sini juga tersedia beberapa Ruang Private Meeting Room dan Ruang VIP yang luas. Namun acara buka bersama yang saya hadiri waktu itu berada di Ruang Private Meeting Room.
VIP room.
Sobat jajan setelah tadi saya perkenalkan dengan suasana restoran sekarang saya akan ajak untuk mencicipi menu-menu yang ada di sini.
1. UDANG
Nampaknya waktu itu para blogger yang diundang merupakan penyuka hewan crustacea, terlihat di sini kami memesan tiga macam menu udang sekaligus. Yang pertama ini adalah Udang Saus Madu, udangnya besar-besar dengan saus yang melimpah. Menu ini enak dengan cita rasa yang manis dan sedikit asam walaupun warna sausnya merah namun rasanya tidak pedas jadi masih bisa disantap oleh anak-anak.
Udang Saus Madu (Rp. 60K/porsi).
Yang berikutnya ini adalah Udang Mayonnaise, udang goreng tepung yang dilumuri dengan saus mayonnaise ini rasanya lebih manis dari Udang Saus Madu di atas. Buat saya menu savory ini terlalu manis jadi bukan favorit saya. Menu ini lebih cocok untuk anak-anak karena rasanya yang tidak pedas.
Udang Mayonnaise (Rp. 60K/porsi).
Menu udang yang terakhir adalah Udang Telur Asin. Udang goreng tepung yang dilumuri saus kuning telur asin ini rasanya enak banget. Tekstur saus telur asinnya terasa sandy di mulut dan berpadu dengan empuknya udang yang telah dikupas membuat menu ini terasa istimewa karena tidak perlu menguliti lagi.

Tingkat manis, asin dan gurih yang pas menambah poin untuk hidangan ini. Udang Telur Asin ini menu favorit saya di sini dan recommended banget dan juga acceptable untuk anak-anak karena tidak pedas.

Udang Goreng Telur Asin (Rp. 60K/porsi).
Secara keseluruhan menu udang di sini sebenarnya enak, dengan tingkat kematangan yang pas membuat udang tidak alot saat digigit. Hanya saja dari yang enak di atas saya pilih yang paling enak lagi yaitu Udang Telur Asin karena yang ini rasanya juara banget.
2. IKAN
Yang pertama ini adalah Gurame Dua Rasa, kenapa dikatakan dua rasa karena memang masakan ini menggunakan dua buah saus dalam satu menu sekaligus dimana bagian kepala dilumuri dengan bumbu “saus padang” dan bagian ekornya dilumuri dengan “saus asam manis”. Jadi sobat jajan tidak perlu memesan dua menu untuk mencoba rasa yang berbeda tapi cukup satu menu ini saja.
Secara kasat mata memang sulit dibedakan mana saus padang dan mana saus asam manis namun untuk rasanya yang saus padang agak sedikit spicy namun tidak begitu pedas sementara yang saus asam manis sesuai namanya asam dan manis. Tekstur ikannya sendiri lembut dan digoreng dengan tingkat kematangan yang pas. Secara keseluruhan menu ini enak cocok untuk keluarga karena bisa untuk sharing.
Gurame Dua Rasa (Rp. 80K/porsi).
Berikutnya adalah Ikan Bakar Bumbu Bale/ Kerapu Bakar, ikan ini dibakar dengan bumbu sederhana dan tidak begitu pedas dengan tingkat kematangan yang pas. Ini pertama kali saya makan ikan kerapu tekstur daging ikan kerapu ini sedikit padat mirip dengan tekstur daging ikan kembung tapi aroma anyirnya lebih kuat dan bertahan lama di rongga mulut dan itu cukup mengganggu. Menu ini lumayan enak namun Kerapu Bakar ini bukan favorit saya.
Kerapu Bakar (Rp. 18,5K/ons).
Yang terakhir adalah Gurame Goreng, dagingnya digoreng begitu garing hingga tulang halusnya pun menjadi crispy. Paling enak dimakan dengan sambal dan nasi hangat. Untuk rasanya menu ini terbilang pas untuk lidah orang Indonesia.
Gurame (Rp. 70K/porsi).

Secara keseluruhan dari tiga menu ikan di atas yang paling favorit buat saya adalah Gurame Dua Rasa karena ukurannya besar, dagingnya lembut dan terdapat dua rasa saus yang spektakuler.

3. CUMI
Cumi Saus Padang salah satu menu yang kami pesan waktu itu, tekstur cuminya tender dan tidak alot karena dimasak dengan tingkat kematangan yang pas. Bumbu saus padangnya melimpah dan rasanya cukup pedas.
Cumi Saus Padang
4. BELUT
Salah satu yang terbilang unik buat saya yaitu menu Belut Lada Hitam. Baru kali ini saya mencoba belut dengan olahan bumbu lada hitam. Untuk saus lada hitamnya terbilang enak terasa aroma black pepper yang khas  hanya saja konsistensinya agak sedikit encer atau kurang kental sehingga menu ini terlihat oily. Di sisi lain rasa belutnya sendiri enak dan lembut serta tidak anyir namun demikian Belut Lada Hitam ini belum bisa dikatakan istimewa.
Belut Lada Hitam  (Rp. 45K/porsi).
5. SAYURAN
Menu sayur yang saya coba di sini adalah Kaylan Saus Tiram. Rasa kaylannya manis dan tidak begitu lembek atau masih agak crunchy. Sayurnya terasa segar dan bumbu saus tiramnya juga enak, dengan rasa manis asin yang pas.
Kaylan Saus Tiram (Rp. 20/porsi).
6. MINUMAN
Untuk minumannya ada beberapa yang sempat saya coba seperti pada gambar di bawah ini. Mulai dari kiri ke kanan yaitu Jus Alpukat, Kelapa Kopyor (warna merah) dan Jus kedondong di paling kanan.
Jus Alpukat di sini dinamakan BALEKAT, rasanya lembut ditambah susu kental manis coklat yang menjadi ciri khas jus alpukat pada umumnya. Untuk harganya Rp. 10K/gelas.
Untuk Kelapa Kopyor rasanya enak banget dengan syrup frambozen dan potongan daging buah kelapa yang segar, minuman Es Kelapa Kopyor merupakan best seller di Bale Bengong. Minuman ini dibandrol Rp.25K/gelas.
Yang terakhir Jus Kedondong atau BALEDONG, minuman ini jarang ditemukan di restoran dan di sini mereka menyediakannya, rasanya manis, asam dan terasa sekali cita rasa kedondong di minuman ini. Jus Kedondong cocok sebagai minuman pendamping setelah makan seafood. Jus Kedondong dibandrol dengan harga Rp. 15K/gelas.
Aneka minuman dengan range harga (Rp. 12K – 27K).
Untuk Pelayanan yang diberikan di sini tergolong cepat untuk season buka puasa, padahal kami memesan menu pada pukul 5.30 PM dan kami khawatir kalau buka puasanya jadi terlambat tapi menu-menu mulai diantarkan 15 menit kemudian walaupun ada satu menu yang terlambat dikeluarkan yaitu Belut Lada Hitam tapi buat saya ini wajar karena 90% pesanan kami sudah dikeluarkan secara bertahap. Alhasil buka puasa kami waktu itu menjadi tidak terlambat.
Nah sobat jajan itu tadi pengalaman kuliner saya di Restoran Bale Bengong Jakarta. Mengingat tempatnya yang luas maka tempat ini cocok untuk pertemuan teman, arisan, reuni, kumpul keluarga dan sebagainya karena tempatnya pas sekali untuk bersantap bersama teman-teman dan keluarga.
Buka puasa bersama teman-teman dari pergikuliner.com dan Indonesia Food Blogger.
Follow Jajan Beken untuk info paling update
INSTAGRAM | TWITTER | GOOGLE+

______________________________________________________

RATING
Ambience : Good
Taste : Good
Service : Good
FACILITIES
Wifi : Yes
Plug : Yes
Dine in : Yes
VIP Room : 1 unit, approach 80 person
Meeting Room : 2 unit, each 10-15 person
Outdoor : Yes, Gazebo
Delivery : No
Mushola : Yes
Toilet : Yes
Parking : Yes

CONTACT
Address : Jl. Angkasa Halim Perdana Kusuma No.25, Makassar, Jakarta, Indonesia

Phone : 021-80888182
Website : http://balebengongresto.com

INFORMATION
Open hour : 11 AM – 10 PM
Price Range : Food (Rp. 8 – 240K), Drinks (Rp. 15 – 27.5K)

MAP

Bale Bengong Seafood Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Satu pemikiran pada “Bale Bengong Seafood

Tinggalkan Balasan