jajanbeken bogor botanical garden entrance

7 Hal yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor

Salah satu destinasi wisata di Bogor bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang menawarkan pemandangan alam sekaligus lokasi yang sangat mudah dijangkau dimana lagi kalau bukan Kebun Raya Bogor. Kawasan hutan seluas 87 Ha yang ditumbuhi lebih dari 900 jenis tanaman ini didirikan pada tahun 1918, namun Kebun raya Bogor sudah ada sejak Jaman Kerajaan Siliwangi pada abad ke-13 sampai abad ke-14.

Dengan taman seluas Kebun Raya Bogor ini kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan? Berikut panduan 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor

jajanbeken fasilitas kebun raya bogor

1. Piknik

Salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan di Kebun Raya Bogor adalah makan bersama atau yang lebih sering disebut dengan piknik. Piknik di dalam Kebun Raya Bogor akan membuat suasana makan bersama orang terdekat terutama keluarga akan terasa menyenangkan.

Menggelar alas tikar lalu menyantap makanan yang dibawa dari rumah akan menjadi cerita tersendiri apabila dilakukan di hamparan rumput yang dikelilingi pepohonan rimbun. Hampir di setiap tempat di dalam Kebun Raya cocok sekali dijadikan tempat piknik seperti di area Danau Gunting, namun demikian mintalah informasi kepada petugas area mana saja yang boleh untuk dijadikan tempat untuk piknik. Pertimbangkan juga keamanan bagi si kecil mengingat ada banyak serangga yang mungkin berada di atas tanah.

Tips:

Buanglah sampah bekas makanan pada tempat yang telah disediakan, bila perlu menyediakan tempat sampah sendiri yang dibawa dari rumah untuk dibuang ke tempat sampah terdekat.

Bagi kalian yang tidak sempat menyiapkan perbekalan piknik, jangan khawatir karena di dalam Kebun Raya tersedia beberapa restaurant seperti Green Garden Cafe yang menyediakan kuliner lokal dan Eropa mulai dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam. Tepat di bawah Gedung Graha Sabrama di pintu gerbang utama terdapat Kafe DWP (Graha Wanita Persatuan) yang menyediakan makanan mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore. Kemudian ada juga Cafe Kenari yang mulai buka pada jam 8 pagi sampai jam 4 sore yang berlokasi di sebelah Garden Shop.

jajanbeken bogor botanical garden entrance
Danau gunting dengan bunga teratai dan Gedung Istana Bogor
2. Bersepeda

Luasnya Kebun Raya Bogor akan terasa sulit jika harus dijelajahi dengan berjalan kaki. Untuk itu Kebun Raya menyediakan sepeda keliling dengan membayar IDR 15K per jam. Sementara bagi kalian yang membawa sepeda dari luar tetap harus membayar tiket tambahan sebesar IDR 5K ditambah tiket masuk per orang sebesar IDR 15K.

jajanbeken kuliner bogor

jajanbeken tiket masuk kebun raya bogor

Tingginya kadar oksigen dan udara di dalam Kebun Raya Bogor yang bersih membuat kegiatan bersepeda menjadi pilihan yang tepat untuk berekreasi sekaligus berolah raga.

Tips:

Bawalah air minum yang cukup dan tetap memperhatikan sekitar kalian mengingat jalanan yang ada harus berbagi dengan para pejalan kaki dan kendaraan bermotor.

jajanbeken place to visit bogor

jajanbeken wisata bogor

3. Berkeliling Dengan Mobil

Membawa keluarga ke dalam Kebun Raya Bogor akan terasa sulit terutama jika membawa si kecil dan lansia. Maka itu pihak Kebun Raya Bogor memperbolehkan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat untuk memasuki Kebun Raya. Namun diperlukan biaya tambahan sebesar IDR 30K per kendaraan.

Apabila ingin menaiki kendaraan Mobil Keliling yang disediakan oleh Kebun Raya maka pengunjung dikenakan biaya IDR 15K untuk orang dewasa dan IDR 10K untuk anak-anak.

4. Hunting Photography

Bagi kalian yang gemar fotografi, mengunjungi Kebun Raya Bogor akan memberi banyak pilihan untuk mendapatkan objek menarik. Memotret akar pohon yang berusia ratusan tahun, bangunan bergaya kolonial, jalan setapak, jembatan cinta, bunga bangkai dan masih banyak lagi objek yang bisa kalian temukan.

Sama seperti tempat wisata lainnya, di Kebun Raya ketentuan untuk pemotretan akan dikenakan biaya sebesar IDR 3500K untuk komersial dan IDR 750K untuk non komersial. Untuk informasi lengkap mengenai harga pemotretan dan event lainnya bisa kalian lihat (disini).

5. Photo Pre-Wedding

Tak jarang pemotretan foto pre-wedding juga dilakukan di Kebun Raya. Ukuran pepohonan yang besar dengan latar belakang hijau akan menghasilkan foto pre-wedding yang indah. Carilah pohon besar dengan akar meliuk-liuk yang muncul ke permukaan tanah lalu buatlah kesan foto yang menyatu dengan alam. Biaya untuk pemotretan foto pre-wedding mengacu pada informasi yang terdapat (disini).

Tips:

Sebelum melakukan pemotretan untuk foto Pre-wedding ada baiknya menghubungi Kebun Raya Bogor untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

jajanbeken kebun raya bogor

jajanbeken botanical garden

5. Belajar Tentang Alam dan Tumbuhan

Tidak hanya rekreasi saja yang bisa kita lakukan di Kebun Raya, belajar mengenai tumbuhan adalah salah satu fasilitas yang juga disediakan disini. Terdapat beberapa kelompok peneliti Kebun Raya Bogor dengan pilihan materi yang beragam seperti domestikasi, konservasi dan lainnya yang juga memfasilitasi publikasinya. Informasi lengkap mengenai fasilitas penelitian bisa kalian temukan (disini).

jajanbeken kebun raya bogor tiket masuk

Bagi pelajar dan anak-anak penting juga untuk memperkenalkan akan ragam flora di Indonesia mencakup tanaman hias, tanaman kambium sampai tanaman obat yang bisa ditemukan disini.

jajanbeken where to visit bogor
Sungai Ciliwung
6. Memberi Makan Rusa

Keberadaan rusa total asal Nepal ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung terutama anak-anak. Rusa totol yang sekarang berjumlah lebih dari 800 ekor ini menghuni halaman Istana Bogor. Karena itu pengunjung hanya bisa berinteraksi dari balik pagar Istana Bogor saja. Kita bisa memberi makan rusa-rusa ini dengan wortel yang dijual oleh pedagang di sekitar Kebun Raya Bogor. Harga wortel yang dijual ini berkisar antara IDR 1K-5K per ikatnya.

7. Mengunjungi Museum

Museum Zoologi adalah museum yang terintegrasi dengan Kebun Raya Bogor. Menampilkan aneka satwa yang telah diawetkan, ada lebih dari 2000 spesies hewan yang diawetkan disini. Temukan tulang Ikan Paus Biru dalam sebuah ruangan besar dan juga diorama hewan-hewan. Museum Zoologi buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Kalian tidak perlu membayar lagi untuk masuk kesini karena sudah termasuk di dalam tiket Kebun Raya Bogor.

Nah itulah 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor, apakah hanya 7 saja? Dengan lahan seluas 87 Ha tentu banyak sekali aktivitas yang bisa kalian lakukan disini.

Tips:

Hindari melakukan hal yang tidak senonoh dan melanggar norma kesopanan agar terhindar dari masalah hukum.

jajanbeken kebun raya

Demikianlah cerita perjalanan di Kebun Raya Bogor, baca juga 7 Kuliner Bogor Suryakencana yang Legendaris. Ikuti terus petualangan berikutnya bersama Jajanbeken! Sampai jumpa.

INFORMATION

Address: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122

Telp: (0251) 8311362

MAP

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.