6 Tempat Makan Paling Ramai Di Cafe Tenda WGP Kelapa Gading

Berwisata kuliner di Kelapa Gading memang tiada habisnya, dari siang hingga malam hari selalu ada pilihan untuk dicoba. Kali ini saya akan ajak sobat jajan berwisata kuliner malam di sini di Kelapa Gading tepatnya di Cafe Tenda WGP. Dari sekian banyak cafe tenda yang ada di sini, Jajan Beken berhasil menghimpun 6 tempat makan yang paling ramai di Cafe Tenda WGP.
 
Sebelum masuk ke Cafe Tenda WGP saya akan jelaskan sedikit mengenai WGP itu sendiri. WGP merupakan kepanjangan dari Wisma Gading Permai yaitu sebuah hunian apartemen di Kelapa Gading. Letak WGP ini sangat strategis berada tepat di sisi Jalan Boulevard Kelapa Gading dan tidaklah sulit untuk menemukan apartemen ini, dari arah Pulomas posisinya ada di sebelah kanan jalan sebelum bundaran La Piazza.
Sobat jajan bisa menemukan Martabak Pecenongan di Cafe Tenda WGP ini.

Sementara Cafe Tenda WGP itu sendiri adalah kumpulan pedagang makanan yang menjual makanannya di sebuah tenda. Masing-masing kios sudah dilengkapi tenda, meja dan kursi sederhana. Dan di sini kalian bisa makan berbagai pilihan makanan layaknya di cafe namun a la kaki lima, karena itulah banyak juga yang menyebut tempat ini sebagai cafe tenda atau warung tenda.

Pecel Bandeng tanpa duri.

 

Cafe Tenda WGP Hanya Buka Malam Hari

Cafe Tenda WGP menempati lahan parkir area belakang Apartemen Wisma Gading Permai. Namun area belakangnya langsung terhubung ke Jalan Raya Boulevard Kelapa Gading. Barisan cafe di sini rata-rata mulai buka atau beroperasi pada petang pukul 6 PM.

Garis berwarna merah adalah lokasi Cafe Tenda WGP.  [Sumber Google Maps]

Jumlah kios yang memiliki lapak di sini total ada puluhan, karena Cafe Tenda WGP sudah cukup lama berdiri maka ada beberapa kios yang sudah tidak beroperasi lagi dan terjadi regenerasi dari kios-kios yang baru.

Lum Dee, kios yang menyajikan Thai Suki dan Grilled.

Saya mengunjungi cafe tenda sekitar pukul 8 PM dan beberapa tempat sudah ramai oleh pengunjung. Kalau sobat jajan berniat mengunjungi tempat ini maka pastikan kalian datang tidak melewati pukul 12 AM dan beberapa kios sudah kehabisan mulai pukul 11 PM.

Basillica yang menyajikan Italian Food.
Gudeg Jogja Ibu Laminten.
Bakmi dan Bubur Ajung dari Singkawang.

 

Cafe Tenda WGP Pusat Kuliner Kaki Lima

Banyak tempat di Jakarta yang menawarkan wisata kuliner malam seperti jajanan kaki lima di Jalan Sabang Jakarta Pusat dan Jalan Balai Pustaka di Jakarta Timur, namun untuk Jakarta Utara sobat jajan punya Cafe Tenda WGP ini.

Mie Godog Jawa Bang Joel.
Ratu Kepiting dengan ragam menu sea food nya.
Nasi Liwet Ayam Kampung khas Kota Solo.
Makanan yang ditawarkan di sini sangat beragam seperti snack, desserts, traditional food, hingga western food. Mulai dari martabak, serabi, kue cubit, gudeg, nasi liwet, roti bakar, lumpia, sate maranggi, sate tulang, Thai Suki, sea food hingga Japanese Food semuanya tersedia lengkap di sini.
Sate Maranggi  Abah Aro.
Sopo Ngiro Japanese Food.
Makan di tempat ini pun terbilang cukup nyaman karena tempatnya tidak menyatu dengan jalan umum melainkan area parkir apartemen sehingga tempat ini sedikit terisolasi dari hiruk pikuk jalan raya dan sobat jajan bisa dengan tenang menyantap makanan kalian.

1. DEPOT SEMARANG

Kios Depot Semarang menyediakan Lumpia, Nasi Goreng dan Galantin Sapi atau lebih simplenya mereka menyediakan makanan menu jawa. Waktu itu saya pesan Lumpia dan Galantin Sapi. Untuk Lumpianya kalau di lihat dari penyajiannya ini seperti lumpia yang saya temui di Semarang lengkap dengan acar dan saus gula lumpia hanya saja tidak ada daun bawangnya.
Lumpia Semarang dengan saus gula yang khas.
Satu buah lumpia ini dibandrol dengan harga Rp. 12K baik digoreng ataupun tidak. Sementara isiannya sendiri terdiri dari udang, ayam, telur dan tentunya rebung.

 

Rebung, telur, udang dan ayam adalah bahan dasar pembuatan isi lumpia ini.

Ketika lumpia ini dibelah isinya yang melimpah langsung berhamburan keluar dan kulit lumpianya ini crispy tidak terlalu tebal sehingga mudah untuk dibelah.

jajan beken cafe tenda wgp kelapa gading

Lumpia Semarang (Rp. 12K/pcs).
Dan rasa Lumpia Semarang ini enak banget, aroma rebungnya yang khas, teksturnya mengingatkan saya akan Lumpia yang ada di Semarang. Bisa saya katakan bahwa rasanya ini otentik banget. Dan sejauh ini, inilah Lumpia Semarang yang paling enak yang saya makan di cafe kaki lima di Jakarta.
Kemudian di Depot Semarang ini saya mencoba Galantin Sapi. Galantin merupakan makanan khas Kota Solo dimana menunya berisi sayuran, kentang, bistik daging dan kuah galantin yang khas. Namun di sini Galantinnya berbeda, galantin disajikan tanpa kuah melainkan dengan saus dan di atas bistiknya terdapat lelehan keju. Daging bistiknya tender dan sayurannya masih terasa crunchy.
Galantin Sapi (Rp. 30K).
RATING
Ambience : Good
Taste : Good
Service : Excellent, warm service
Price : Good

2. EVERGREEN SOERABI BANDUNG

Melanjutkan petualangan kuliner malam saya bertemu dengan kios serabi yang satu ini yaitu Evergreen Soerabi Bnadung. Mereka khusus menyediakan serabi dan minuman.

Cafe tenda Evergreen Serabi bandung.

Saya memesan Serabi Green Tea Keju dan Serabi Oreo Ice Cream, untuk minumannya saya memesan Milo Godzilla. Sambil menunggu pesanan datang saya mengintip ke dapur pembuatan serabi mereka yang terletak di luar. Disini adonan serabi ada dua macam yaitu serabi original dan serabi pandan yang berwarna hijau. Sobat jajan bisa pilih adonan mana yang kalian suka, sayangnya malam itu serabi pandan yang ingin saya coba sudah sold out.

Serabi original.

Akhirnya pesanan saya pun datang, yang berikut ini adalah Serabi Green Tea Keju. Serabi original dengan taburan keju dan potongan kit kat green tea. Untuk Serabinya sendiri enak, gurih tapi tidak begitu fluffy. Dengan topping keju dan kit kat green tea saja membuat serabi ini terkesan dry dan keseimbangan asin manisnya kurang, dimana serabi ini masih terdominasi rasa asin gurih dari keju sementara sumber manisnya kurang kalau hanya dari potongan kit kat nya. Better kalau serabi ini di topping lagi dengan susu kental manis. Karena terasa dry maka agak seret di tenggorokkan, jadi jangan lupa nanti kalian pesan minum juga ya.

Serabi Kit Kat Green Tea Keju (Rp. 25K).

Kemudian yang berikutnya ada Serabi Oreo Ice Cream. Nah yang ini labih baik dari serabi yang di atas karena terdapat ice cream di toppingnya jadi lebih seimbang antara manis dan gurihnya. Sementara potongan biskuit oreo yang renyah berpadu dengan empuknya serabi dan lembutnya ice cream vanilla menciptakan sensasi tersendiri saat masuk ke dalam mulut.

Serabi Oreo Ice Cream (Rp. 17K).
Untuk minumannya saya pesan Milo Godzilla yaitu susu milo di blend denagn ice lalau di topping dengan coklat koko sereal, taburan milo bubuk dan ice cream vanilla. Minuman ini lezat banget, terasa ringan di tenggorokaan ditambah sensasi renyahnya koko sereal membuat minuman ini terasa nikmat. Pokoknya minuman ini favorit buat saya.
Milo Godzilla (Rp. 23K).
RATING
Ambience : Good
Taste : Average for food, Good for drinks
Service : Good, humble service
Price : Average

3. CUBITE STREET FOOD

Salah satu kios yang ramai oleh anak-anak muda di sini yaitu Cubite. Menu andalan Cubite yaitu kue cubitnya yang di sajikan di atas talenan kayu dan selalu di bubuhkan cocoa powder berbentuk shiloutte wanita. Selain kue cubit di sini ada juga yakitori yang panjang dan tentunya beberapa menu minuman.
Cafe tenda Cubite.

Kali ini saya pesan kue cubit ovomaltine setengah matang. Satu porsinya dibandrol dengan harga Rp. 25K dan isinya 7 buah kue cubit mini.

Kue Cubite Ovomaltine (Rp. 25K/7pcs).
Walaupun saya pesan setengah matang namun tidak berasa tepung atau powdery, konsistensi di bagian tengah masih lunak dan terasa nikmat dengan tambahan selai ovomaltine di tengahnya.
Kue cubit setengah matang yang pas untuk sekali gigitan.
RATING
Ambience : Good, familiar for young people hang out place type
Taste : Good
Service : Good, fast
Price : Average
 
 

4. TAHU TELOR

Tahu telor adalah jajanan asal Surabaya dan di Cafe Tenda WGP tahu telornya yang paling populer. Banyak orang datang ke sini karena tahu telor di tempat ini.
 
Tahu telor (IDR 18K).

 

Tahu telor sendiri hampir mirip dengan ketoprak, hanya saja isiannya itu ada ketupat, tahu, tauge dan telur ceplok yang disiram dengan bumbu kacang dan rasanya tidak jauh dengan ketoprak jadi familiar di lidah kita.
Ambience : Good, popular tenant in WGP
Taste : Good
Service : Good, fast
Price : Average

5. ROPITA

Ropita adalah warung tenda spesialis roti pisang bakar dan bubur ayam. Ciri khas dari Ropita adalah mereka tidak pelit-pelit menggunakan keju ataupun kornet untuk topping di roti dan buburnya.

 

Ropita dengan menu khusus roti bakar dan buburnya.
Yang pertama saya coba adalah Roti Tape Spesial. Porsinya sangat mengenyangkan dan topping kejunya juga banyak jadi puas makannya.
Roti Tape Keju (IDR 20K).

 

Kemudian saya juga memesan menu savory-nya yaitu Bubur Spesial Komplit dimana topping kornetnya sangat melimpah. Selain itu di bubur ini juga terdapat bahan khusus yaitu Tong Cai sejenis lobak yang dikeringkan untuk menambah citarasa asin di bubur ini.
Bubur Spesial Komplit (IDR 18K).

 

Ambience : Small tent, not spacious place
Taste : Good
Service : Good, fast
Price : Average
 

6. FANTASI RONDE

Nampaknya malam belum berakhir di Cafe Tenda WGP, dan saat itu waktu menunjukkan pukul 11 PM. Saya sendiri belum ingin beranjak pulang dan masih ingin mencari sesuatu yang manis dan hangat. Akhirnya tibalah saya di cafe tenda Fantasi Ronde yang menyajikan aneka minuman tradisional seperti wedang ronde, bandrek, sekoteng dan beberapa menu makanan lain.
Cafe Tenda Fantasi Ronde spesialis minuman penghangat  tubuh berbahan dasar jahe.

 

Waktu itu saya pesan Sekoteng dan sayangnya saja sudah sold out. Akhirnya saya beralih ke Wedang Ronde yang berisi kuah jahe dan lima pcs ronde. Sebenarnya ada tiga warna ronde yang disajikan yaitu merah, putih dan hijau. Namun lagi-lagi sayangnya ronde yang tersisa tinggal yang putih.
Kuah rondenya manis dan hangat, rondenya sendiri kenyal dan terdapat kacang di dalamnya. Minuman ini enak dan cocok dinikmati saat malam hari. Akhirnya Wedang Ronde ini menutup wisata kuliner malam saya di Cafe Tenda WGP.
Wedang Ronde.
RATING
Ambience : Good
Taste : Good
Service : Fast but less humble and smile
Price : Average
Nah sobat jajan itu tadi pengalaman kuliner saya di Cafe Tenda WGP Kelapa Gading. Buat kalian yang ingin datang ke sini jangan datang saat siang hari karena mereka hanya buka mulai pukul 6 PM sampai dengan 11.59 PM. Wisata kuliner malam di Cafe Tenda WGP patut untuk dicoba. Selamat mencoba dan Salam Jajan!
Follow Jajan Beken untuk info paling update

INSTAGRAM | TWITTER | GOOGLE+

______________________________________________________

INFORMATION
Address : Cafe Tenda WGP, Parking Area Wisma Gading Permai
Jl. Bulevar Kelapa Gading, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, North Jakarta, Jakarta  
FACILITIES
Dine in : Yes
Outdoor : Yes, Tent cafe style
Parking : Yes
Toilet : Yes
MAP

13 pemikiran pada “6 Tempat Makan Paling Ramai Di Cafe Tenda WGP Kelapa Gading

Tinggalkan Balasan